Tuntaskan "Hasrat" Berpetualang di Ngalau Pangian

"Selain dinobatkan sebagai gua terindah, ternyata Gua Pangian juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya jalur panjat tebing. Di ngalau ini terdapat jalur panjat tebing yang tidak terlalu panjang, namun cukup untuk menantang adrenalin".


Lintau Buo, integritasmedia.com - KABUPATEN Tanah Datar merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat, yang menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Kabupaten yang memiliki ibu kota Batusangkar ini sangat kaya dengan bukti-bukti sejarah, keindahan budaya dan kearifan lokal serta pemandangan alam yang luar biasa.

Untuk menuju kota Batusangkar dari kota Padang menempuh jarak 100,9 km dengan waktu tempuh sekitar dua jam setengah. 


Kota Batusangkar merupakan icon wisata Budaya dari Propinsi Sumatera Barat. Hal tersebut disebabkan kota ini sangat kaya budaya dan di kabupaten inilah disebut-sebut asal muasal suku Minangkabau. Karena di sinilah lahir "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah" yang menjadi way of live nya orang Minang.


Di pekan ini, integritas akan menyibak salah satu di kekayaan wisata yang akan bisa menjadi tujuan berwisata. Ngalau Indah Pangian merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kecamatan Lintau Buo.

Hingga saat ini, objek wisata itu masih tergolong asri dan alami. Hijaunya hutan di sekitar lokasi menambah kesejukan saat berkunjung ke objek wisata tersebut.


Untuk mencapai lokasi, menempuh rute Batusangkar, lalu ke Litau Buo dan lanjut ke Gua Ngalau Pangian, dengan perjalanan sekitar satu jam menggunakan kendaraan pribadi. Saat sampai di Lintau Buo, bisa menanyakan ke masyarakat setempat, arah menuju ke objek wisata tersebut. Karena warga di sana terkenal dengan keramah tamahannya.


Setibanya dilokasi wisata Gua Terindah di Asia Tenggara tersebut, pengunjung akan disuguhi keunikan dari Ngalau Indah Pangian. Menurut L. Deharveng A. Bedos seorang penelusur gua asal Prancis menyebutkan bahwa Ngalau Indah Pangian merupakan gua terindah di Asia Tenggara (1995).

Selain dinobatkan sebagai gua terindah, ternyata Gua Pangian juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya jalur panjat tebing. Di ngalau ini terdapat jalur panjat tebing yang tidak terlalu panjang, namun cukup untuk menantang adrenalin.


Tingkat kesulitan jalurnya juga beragam, mulai dari grid 5.7 sampai 5.10 dengan kemiringan sekitar 180 derajat hingga lebih dari 180 derajat.


Keasrian Ngalau Pangian tidak hanya terlihat dari hijaunya hutan di sekelilingnya. Namun, aliran air sungai dari mulut gua yang jernih serta adanya Burung Walet yang keluar masuk dari mulut gua juga menandakan bahwa gua tersebut masih dalam keadaan alami dan asri.

Dari mulut gua akan terlihat mengalir anak sungai dengan air yang sangat bersih dan segar.


Yang tak kalah serunya, ternyata di dalam Gua Pangian juga terdapat air panas yang berasal dari mata air rangakaian gunung seribu.


Dari bagian mulut gua ini, sudah dialiri oleh anak sungai yang memiliki air jernih dan sangat segar, yang berasal dari pegunungan.


Jika anda masuk lagi kedalam gua, anda akan menemukan mata air panas yang bisa digunakan sebagai lokasi pemandian. Sangat menarik bukan? Di dalam sebuah gua memiliki tempat pemandian air panas.


Lalu, di dalam gua juga terdapat ornamen-ornamen gua yang sangat memukau, mulai dari stalaktit, stalakmit, colom, dan lain-lain.

Salah satu fasilitas pendukung yang harus dimiliki oleh lokasi objek wisata adalah lahan parkir yang memadai. Karena ini akan memberikan rasa nyaman saat berkunjung. 


Di sini areal parkir kendaraan sufah tersedia cukup luas. Para pengunjung yang datang mengendarai kendaraan pribadi atau bus, bisa saja dengan leluasa berputar pada lokasi yang telah dipersiapkan.


Penasarankan dengan keindahan Gua Pangian kan? Yuk manfaatkan akhir pekan ini untuk menikmati indahnya alam di Nagari Minangkabau.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama