BPBD Padang Pariaman Sosialisasikan Mitigasi Bencana di Sekolah.

Batang Gasan, integritasmedia.com - SEKOLAH aman adalah komunitas pembelajar yang berkomitmen akan budaya aman dan sehat, sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang dan mapan sebelum, saat, dan sesudah bencana, dan selalu siap untuk merespons pada saat darurat dan bencana. 


Berkaitan dengan itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Sosialisasi dan Mitigasi Bencana Sekolah dilaksanakan di SMPN 2 Batang Gasan, pada Rabu (10/11/21).


Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Wirman, MAP, dan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman diwakili oleh Vebi Deswanto, S.Pd, MM. Kasi  Bidang Dikmen Disdikbud Kabupaten Padang Pariaman. 


Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wirman mengatakan, sosialisasi mitigasi bencana ini, merupakan upaya pendidikan pencegahan dan pengurangan resiko bencana di sekolah sesuai dengan Pilar ke 3 dari Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang diatur dalam Permendikbud Nomor 33 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana. Pilar lainnya adalah Fasilitas Sekolah Aman dan Manajemen Bencana Sekolah. 


"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari pelaksanaan sosialisasi dan mitigasi di 5 SMP yang akan dilaksanakan. Disamping SMP 2 Batang Gasan, juga dilaksanakan di SMPN 3 Batang Gasan, SMPN 1 Sungai Limau, SMPN 1 Ulakan Tapakis dan SMPN 3 Ulakan Tapakis", ungkap Wirman.

Wirman menyebutkan, disamping sosialisasi juga dilaksanakan Simulasi Bencana yang dipandu TIM TRC Kabupaten Padang Pariaman, Dicky dan Ilyas.


"Kedepannya kita berharap kegiatan ini merupakan kebutuhan dari sekolah dan dapat menjadi kurikulum atau kegiatan Ekskul bagi sekolah", ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan mengakhiri sambutannya.


Kegiatan tersebit turut dihadiri Kepala Sekolah SMPN 4 Batang Gasan, Asrul, S.Pd, MM beserta jajarannya, disamping para pelajar pilihan sebanyak 30 orang. Bertindak sebagai narasumber adalah, dari Kogami Sumatera Barat, Tommy Susanto dan dari Tagana Kabupaten Padang Pariaman, Donal Debra.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama