Bupati Suhatri Bur : Terus Bina UMKM Untuk Pulihkan Ekonomi

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur

Parik Malintang, integritasmedia.com DALAM rangka pengembangan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Kabupaten Padang Pariaman, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM, membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) serta Pengukuhan Kepengurusan Dekranasda Kabupaten Padang Pariaman periode 2021-2024, pada Senin (20/12/21) di Hall Ibu Kota Kabupaten (IKK) Nagari Parik Malintang Kecamatan Enam Lingkung.


Dalam sambutannya Bupati Suhatri Bur mengatakan, jika berbicara tentang Dekranasda tentunya memiliki tugas dan tanggungjawab untuk mengayomi pengrajin yang ada. Serta orang-orang yang mau berbuat dan berkarya untuk menambah pendapatan keluarga. Sehingga untuk mencapai tujuan itu, pengurus Dekranasda harus berkolaborasi dengan UP2K, PKK dan Perangkat Daerah terkait di Kabupaten Padang Pariaman.


"Selamat bertugas kepada pengurus Dekranasda Kabupaten Padang yang baru saja dikukuhkan dan selamat mengembangkan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan Kerajinan di Padang Pariaman. Karena semua itu, bisa menjadi sebuah bagian yang diburu oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh dan kenang-kenangan sebagai tanda telah datang ke Padang Pariaman. Kabupaten Padang Pariaman merupakan pintu masuknya wisatawan ke Sumatera Barat, jika mereka datang melalui udara. Oleh karena itu, semua elemen masyarakat harus siap terhadap hal tersebut. Padang Pariaman juga sedang berusaha mengangkat PDRB dan income per kapita, sehingga perlu dilakukan sinergi bersama untuk kemajuan daerah dan mewujudkan Padang Pariaman Berjaya," ucapnya.


Suhatri Bur menambahkan, Padang Pariaman sudah telah memiliki galeri Dekranasda Salero Pakar, yang merupakan kolaborasi antara pelaku usaha dan beberapa Perangkat Daerah. Oleh karenanya, untuk kemajuan Dekranasda, dibutuhkan orang yang memiliki komitmen untuk memajukan UMKM dan Kerajinan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Terlebih agar diketahui oleh masyarakat serta melibatkan Diskominfo dan ASITA Sumatera Barat. Agar bisa menarik turis dan wisatawan untuk berkunjung ke Padang Pariaman dan membawa oleh-oleh atau kerajinan setelah meninggalkan Padang Pariaman.


"Selain untuk kebangkitan UMKM dan Pariwisata di Padang Pariaman, Dekranasda juga harus berusaha agar masyarakat mengetahui program  dan dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM dan kerajinan di Padang Pariaman. banyak UMKM yang tidek berbuat banyak akibat dari Covid-19, oleh karenanya perlu dibangkitkan lagi melalui dekranasda, karena banyak harapan yang tertumpang kepada seluruh pengurus dekranasda," ujar mantan ketua BAZNAS itu mengakhiri.


Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Ny. Yusrita Suhatri Bur mengucapkan terima kasih atas terselnggaranya acara ini. Dia berharap dengan adanya pengukuhan kepengurusan Dekranasda Kabupaten Padang Pariaman periode 2021-2024, dapat semakin memajukan UMKM dan Kerajinan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.


"Padang Pariaman sangat kaya dengan hasil kerjinan yang dapat menjadi buah tangan oleh wisatawan ketika berkunjung dan produk tersebut memiliki harga jual yang tinggi. Padang Pariaman memiliki kurang lebih 38 ribu pengrajin yang tergabung dalam UMKM. Oleh karenanya, perlu pembinaaan dan mencari jalan terbaik untuk kemajuaan UMKM. Agar mereka dapat bersaing dengan UMKM daerah lain," ungkapnya.


Sementara itu, Sekretaris Dekranasda Provinsi Sumatra Barat H. Ridonald, SE, M.Si. menyampaikan. Bahwa tantangan kedepan lebih berat, karena pandemi Covid-19 telah merusak roda perekonomian masyarakat. Terutama sisi pemasaran produk karena keterbatasan ruang, sehingga omset penjualan menurun dan anggaran untuk pembinaan sedikit berkurang.

"Pengurus yang telah dikukuhkan ini, memiliki beban dan amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggungjawab. Untuk itu, teruslah membina dan meningkatkan kreatifitas pengrajin, karena Dekranasda memiliki akses pasar yang luas dan menjadi peluang besar untuk mempromosikan hasil kerajinan dan jenis produk yang dihasilkan," tuturnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman Dewi Roslaini, SE. MM dalam laporannya mengatakan. Tujuan Musda dan pengukuhan ini, yakninya agar kepengurusan yang dikukuhkan dapat melaksanakan kewajiban sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sebagai yang telah ditetapkan dalam AD/ART.


"Peserta Musda terdiri dari pengurus Dekranasda periode 2021-2024, dengan metode penyampaian materi secara langsung dan dilanjutkan dengan tanya jawab," terangnya.


Diketahui, Pengurus Dekranasda Kabupaten Padang Pariaman ini yang dikukuhkan Ketua Ny. Yusrita Suhatri Bur dengan Wakil Ketua Ny. Yusneli Rahmang, Ketua Harian Dewi Roslaini, SE, MM, Wakil Ketua Harian Ny. Yanti Rudy Repenaldi Rilis, Darmawi, S.Pd, Sekretaris El Abdes Marsyam, ST, MM Wakil Sekretaris Erni Syagli, SE, MM, dan Bendahara Mulyadi, SE. serta dilengkapi dengan bidang-bidang lainnya.(Prokopim/ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama