Demikian rangkuman Focus Group Discussion (FGD)  yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Limapuluh Kota pada Kamis, (20/01/2022).  FGD bertujuan untuk menggali program-program dari sejumlah Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang bakal dikombinasikan dengan program kerja Dekranasda Limapuluh Kota. Hadir pada kesempatan tersebut narasumber dari Perangkat Daerah yaitu Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Nuzul Firman, Yandri Elfira dari Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Kabid Kebudayaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hidwan Reta, Sekretaris Badan Keuangan Yuliasman, Zulfahmi dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Nopi Rita dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga serta Pemerhati Kerajinan Daerah Yetni Murnir. 

Pada kesempatan tersebut Nevi Safaruddin mengatakan bahwa program-program yang disampaikan oleh perangkat daerah mempunyai perhatian dan concern yang sama untuk meningkatkan kerajinan. Program-program tersebut nantinya akan diformulasikan dengan program Dekranasda. Ia menjelaskan ada dua sasaran yang akan menjadi perhatian Dekranasda yaitu pengrajin dan produk. “Dengan program yang tepat sasaran akhirnya menjadikan kerajinan Limapuluh Kota menjadi unggulan tidak hanya daerah tapi juga bisa menjadi unggulan nasional bahkan internasional,” ujarnya. 

Selain itu, Pemerhati Kerajinan Daerah Yetni Murni mengatakan bahwa Kabupaten Limapuluh Kota memliki kekayaan alam dan kearifan lokal yang menarik wisatawan untuk datang. Pemerintah bersama Dekranasda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan produk kerajinan lokal dan memasarkannya. Oleh karena itu, Kabupaten Limapuluh Kota perlu mempersiapkan diri sebagai tuan rumah untuk wisatawan,” tuturnya. Dalam kesempatan tersebut Yetni memaparkan poin-poin yang dapat dijadikan rujukan oleh Dekranasda seperti membangun sentra kerajinan di Limapuluh Kota, memilih produk unggulan dan melakukan pembinaan terhadap pengrajin dan membangun mindset sebagai tuan rumah.(a)