Irwan Basir Kukuhkan Kepengurusan Pemuda Premtas Ampang Karang Ganting

Irwan Basir Dt. Rajo Alam

Padang, integritasmedia.com - KETUA DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH. MM dan Kapolsek Padang Barat Kompol Martin, SH, MH, Mhn, mengukuhkan kepengurusan Pemuda Premtas (Persatuan Pemuda Pemudi Mushalla Teladan) Ampang Karang Ganting, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, untuk periode 2021 - 2024 pada Sabtu malam (2/1/22).


"Rami kampuang dek nan mudo, rancak kampuang dek nan tuo. Itu adalah sebuah pepatah adat untuk kalangan generasi muda Minangkabau yang berarti pemuda adalah parik paga dalam nagari yang bertujuan untuk menjaga dan membangun kampung halamannya", sampai Irwan Basir mengawali sambutannya.


Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, peranan generasi muda yang cepat kaki ringan tangan sangat dibutuhkan dalam membangun kampung halaman. Untuk itu, dia sangat mengapresiasi saat seorang tokoh pemuda yang sudah menduduki jabatan penting dan masih tetap peduli membina adik-adik pemudanya untuk bersama-sama membangun kampungnya dengan program-program positif untuk sebuah kemajuan.


"Saya sangat mengapresiasi mantan ketua pemuda yang lama yaitu saudara Martin, yang dalam kesibukannya selaku Kapolsek tapi tidak melupakan kampung dan tetap membina adik-adik pemudanya," puji Irwan Basir yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir kepada Kompol Martin, SH, MH, Mhn yang menjabat Kapolsek Padang Barat.


Selanjutnya, orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang itu juga mengingatkan, "selagi kita masih dibutuhkan oleh masyarakat dan diberi amanah maka laksanakanlah amanah itu dengan sebaik-baiknya".

Buat program-program yang positif untuk kemajuan kampung dan buktikan dalam kegiatan-kegiatan yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat kita. Dengan demikian maka organisasi bukan saja hanya sekedar nama, tapi memang keberadaanya betul-betul dirasakan oleh masyarakat di kampung, ujarnya.


Selain itu, Irwan Basir juga mengatakan program volly ball juga merupakan kegiatan positif kepada generasi millenial. Saat ini generasi muda sudah banyak terdegredasi dengan arus pemikiran dan gaya hidup nafsi-nafsian.


Disisi adat dan budaya Minangkabau generasi penerus bangsa harus mewarisi kembali pemahaman norma adat dan agama. Karena nilai-nilai adat dan agama tak bisa terlepaskan satu sama lainnya, karena seperti dua sisi mata uang.


“Kegiatan positif bisa menghindari generasi muda dari pengaruh negatif penyakit masyarakat seperti, narkoba, tawuran dan pergaulan bebas. Nah, randai juga bisa media yang pas untuk itu", tambah Datuk IB.


Maka dari itu, kegiatan positif anak nagari ini tidak bisa berdiri sendiri. Perlunya kebersamaan dan satu-kesatuan antar semua sektor, baik ninik mamak, alim ulama maupun pemerintah. Jika semuanya bersatu, insya Allah tujuan mulia akan terwujud, akhirnya.


Sementara itu, mantan ketua pemuda Premtas Kompol Martin, SH, MH, Mhn dalam sambutannya mengatakan, sangat berterima kasih kepada Irwan Basir yang berkenan hadir dan mengukuhkan pengurus pemuda Premtas.


Mungkin selama menjabat ketua pemuda dia belum bisa berbuat banyak untuk Premtas, namun dia akan selalu membantu pengurus yang baru dalam kegiatannya, sampai Martin lagi.


"Saya mohon maaf jika selama ini ada kekurangan dalam hal membina pemuda Premtas dan belum memenuhi keinginan adik-adik pemuda. Hal itu tak lain karena kesibukan dalam tugas yang tak bisa ditinggalkan", urai Martin.

Namun saya berjanji akan selalu membantu pengurus yang baru dalam setiap program - program kerja yang dilaksanakan, ucap mantan ketua pemuda ini yang dalam kepengurusan sekarang diamanahkan sebagai Penasehat Pemuda Premtas.


Martin juga menyampaikan, pengukuhkan pengurus pemuda premtas Ampang Karang Ganting sekaligus bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang dampak buruk narkoba terhadap kesehatan dan masa depan terutama para generasi muda.


Melalui mereka juga dapat memberikan pemahaman terhadap pemuda Premtas Ampang Karang Ganting bahaya narkoba, ujarnya.


Lebih lanjut, Martin  yang juga Ketua Umum IBA MMA Kota Padang itu mengajak orang tua untuk dapat mengawasi para generasi muda dalam menjalani pergaulannya di luar rumah, karena mereka merupakan aset berharga bagi bangsa dan negara.


"Ini peran kita bersama selaku orang tua, agar dapat mendidik dan mengarahkan para generasi muda ke arah yang lebih baik, karena mereka yang akan meneruskan perjuangan dan pembangunan negara Indonesia", harapnya.


"Jangan sampai rusak susu sebelanga akibat nila setitik, sebab sekali saja memiliki catatan di Kepolisian maka label itu tidak akan bisa hilang seumur hidup,” terang mantan ketua pemuda itu.


“Yuk, kita bantu pemerintah mensukseskan program vaksinasi massal agar segera terbentuk Herd Imunity sehingga penularan virus Covid-19 dapat dicegah,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Irwan Basir juga memberikan sebanyak 10 zak semen dan 1 truk pasir, untuk pembangunan lapangan bola volly, serta 1 buah warless untuk kelompok ibu-ibu senam,  serta uang tunai Rp.1 juta untuk kegiatan pemuda.


Terlihat hadir dalam acara tersebut, Wakil Sekretaris DPD LPM Kota Padang, Martias Sarjanny, SE, Humas DPD LPM Kota Padang Dedi Prima,  Ketua RW 08 Ampang, Ketua RT dan tokoh masyarakat lainnya.(dp/ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama