Gateball Olah Raga Baru Yang Akan Booming Di Payakumbuh


Payakumbuh , Integritasmedia. Com– Pengurus Cabang (PENGCAB) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Kota Payakumbuh berharap olahraga itu bisa dipertandingan dalam Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sumbar yang direncanakan akan digelar tahun 2023 mendatang. Hal itu diungkapkan Ketua PERGATSI Kota Payakumbuh, Gumilang Putri Hayati didampingi wakil Ketua, Jack Petto, Jumat sore 28 Januari 2022 di lokasi latihan PERGATSI Lapangan Upacara Ex. Kantor Balaikota Payakumbuh di Kawasan Balai Panjang.

Menurut Jack Petto, meski terbilang baru di Payakumbuh, namun sampai saat ini jumlah peminat olahraga yang menggunakan stik itu terus bertambah, bahkan baru-baru ini sejumlah atlit PERGATSI Payakumbuh ikut dalam kejuaraan PERGATSI di Provinsi Jambi.

Dengan diikutsertakannya Gateball dalam PORPROV, olahraga itu makin banyak peminat dan makin dikenal, apalagi olahraga yang menggabungkan beberapa unsur olahraga itu bisa dimainkan beragam usia.

” Iya, kita berharap olahraga Gateball bisa nantinya ikut dalam PORPROV Sumbar tahun 2023, apalagi di Kabupaten/Kota di Sumbar juga telah terbentuk pengurus nya. Di beberapa Provinsi, olahraga itu (Gateball.red) telah dipertandingan diberbagai tingkatan,” sebut Gumilang Putri Hayati didampingi Jack Petto serta Sekretaris PERGATSI Payakumbuh, Rahmat De Sitepoe.

Jack Petto yang beberapa waktu sebelumnya menjabat Penasehat  PERGATSI Payakumbuh itu juga menambahkan, sejumlah atlit Payakumbuh juga pernah mengikuti berbagai Ivent yang digelar oleh PERGATSI di Provinsi lain, bahkan ada atlit Asal Sumbar yang berhasil meraih juara.

Di Payakumbuh atlit atlit kita telah beberapa kali mengikuti ivent yang digelar di Provinsi lain,yang masih anyar di Jambi. kemaren ini” Ucapnya.

Olahraga Gateball sendiri Memadukan sejumlah tekhnik permainan olahraga, diantaranya Catur, Bilyard dan Golf. Hingga saat ini cabang olahraga Gateball terus berkembang di Kota Payakumbuh, hingga saat ini jumlah anggota mencapai puluhan orang. Karena olahraga yang tidak terlalu sulit dimainkan, pecinta olahraga ini beragam, baik anak-anak, remaja dan orang dewasa. Mereka yang menyukai olahraga ini juga berasal dari berbagai kalangan, masyarakat biasa, pelajar, mahasiswa, ASN, TNI.

Senada dengan Jack Petto, Gumilang Putri Hayati yang juga penggagas olahraga Gateball di Payakumbuh, menyebut bahwa Payakumbuh memiliki atlit yang siap untuk mengikuti berbagai ivent, bahkan beberapa waktu lalu mengikuti ivent di provinsi jambi. Nantinya dengan masuknya Gateball dalam PORPROV Sumbar tahun 2023, ia juga berharap bisa mengirim atlit ke tingkat PON dan lainnya.

” Payakumbuh memiliki atlit Gateball disemua kategori yang ada, meliputi kategori beregu campuran/beregu putra/triple putra/triple campuran dan double campuran,” ujar istri Mantan Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe itu. (a)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama