Bupati Eka Putra Resmikan Pasar Nagari Sumanik

Bupati, Eka Putra

"Keberadaan pasar Nagari Sumanik ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Sumanik".


Tanah Datar, integritasmedia.com - BUPATI Tanah Datar Eka Putra menekankan, Pemerintah Daerah akan terus berupaya merubah image atau citra pasar nagari yang selama ini identik dengan ketidaknyamanan, bau, becek dan kotor menjadi pasar nagari yang bersih, aman, nyaman dan representatif.


"Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk menjadikan pasar nagari lebih aman dan nyaman, salah satunya melalui Bantuan Pemerintah Pusat seperti untuk pembangunan pasar nagari Sumanik ini," kata Eka Putra saat meresmikan pasar nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung, Selasa (15/2/22).


Dikatakan Eka Putra, alokasi anggaran yang diberikan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) terserap baik sesuai ketentuan yang ditetapkan.


"Jujur, Saya bangga dan juga berbahagia, karena baru 22 September 2021 lalu Saya meletakkan batu pertama pembangunan pasar ini, dan sesuai kontrak pembangunannya selesai 21 Desember 2021 dan hari ini kita resmikan pemakaiannya. Terima kasih Kemendag RI, seluruh elemen Pemerintah Nagari Sumanik serta masyarakat yang mendukung pelaksanaan pembangunan pasar ini," sampainya.


Tentunya, tambah Eka, keberadaan pasar nagari Sumanik ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Sumanik.


"Perubahan fisik pasar nagari ini terus dirawat, dijaga dan jangan sampai menciptakan perselisihan antar sesama yang dipicu pasar ini, seperti permasalahan pembagian kios atau los, namun pasar ini untuk kesejahteraan kita semua," tukas Eka.


Sementara Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Darfizal menyampaikan, pembangunan pasar nagari atau rakyat Sumanik didanai melalui Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Negara Tahun 2021.


"Pembangunan pasar nagari yang memiliki 19 kios, 13 los dengan kapasitas pedagang sekitar 250 orang dan memiliki ruang tera ulang, pos keamanan, ruang pengurusan pasar, ruang kesehatan, mushalla, toilet dan beberapa fasilitas lainnya menelan dana sebesar Rp.3,4 Milyar lebih dari Kemendag RI," sampai Darfizal.


Dengan revitalisasi ini, tambah Darfizal, untuk ke depan kita berharap pasar nagari Sumanik menjadi pasar percontohan di Tanah Datar.


"Melihat konsep dan fisik pasar nagari Sumanik ini tentu diharapkan ke depan akan menjadi percontohan dan ke depan kita upayakan pasar nagari ini memperoleh sertifikat SNI dari Kemendag RI," sampainya.


Sebelumnya Walinagari Sumanik Irama Yandi menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan revitalisasi pasar nagari Sumanik sehingga menjadi lebih nyaman dan bersih.


"Terima kasih atas revitalisasi pasar yang dilaksanakan disini, berawal dari proposal kami 2020 lalu, dan berkat dukungan dan perjuangan dinas Koperindag serta pak Bupati, program ini bisa terealisasi," katanya.


"Sesuai slogan pasar ini, yakni Nyaman, Segar dan Terpercaya, Saya harap ke depan bisa termanfaatkan secara maksimal, terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nagari Sumanik," tukasnya.


Kegiatan yang turut dihadiri anggota DPRD Nurhamdi Zahari, Forkopimda Tanah Datar, Asisten II, OPD di Lingkup Pemkab Tanah Datar, Camat Salimpaung, Forkopimca, Walinagari dan undangan lainnya.(Prokopim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama