Tanhdatar,  Integritasmedia com- Pohon pelindung jenis Mahoni di Jalan Sutan Alam Bagagarsyah Pagaruyungnyang telah berumur tua dan sudah mulai rapuh dahannya ancam keselamatan masyarakat yang lalulintas melalui daerah tersebut.


Menurut laporan salah seorang warga yang berinisual ( E)  ketika bertemu wartawan Integritas media.com di salah satu warung kopi dekat istano basa Pagaruyung.


Disampaikannya bahwa pohon pelindung yang berusia cukup tua dan berlobang dikhawatirkan akan tumbang,  karena  keadaan pohon pelindung jenis Mahoni yang dulunya berdiri kokoh,namun sekarang sudah keropos bahkan salah satu sisi batang bagian pangkal nya yg sudah mulai kelihatan patah dan retak.


Er yg termasuk salah satu warga yang tinggal di dekat istano basa Pagaruyung tersebut menyebutkan bahwa beberapa waktu lalu tentang kondisi  pohon itu sudah  dilaporkan melalui pihak pemerintahan Nagari setempat.Agar pohon tersebut di tebang oleh  dinas terkait, karena sudah sangat mengancam keamanan dan kenyamanan warga yang melintas dijalan Sutan  Alam Bagagarsyah,Jorong Balai Janggo  Kenagarian Pagaruyung -Kecamatan Tanjung Emas.Namun sampai sekarang masih belum ada tindakan dan kelanjutan oleh dinas yang mengurusnya.


Lebih lanjur disampaikannnya bahwa dengan ukuran pohon yang lumayan besar dan dahannya yang rindang itu.dahan pohon pelindung sering patah dan bahkan beberapa waktu lalu  pernah menimpa salah satu mobil pengunjung objek wisata Istano Basa Pagaruyung yang kebetulan lewat pada saat itu. Apalagi di tambah dengan sibuk nya aktifitas warga setiap hari, yang menggunakan jalan ini. Mulai dari warga sipil,Aparat Kepolisian,TNI,Pegawai DisPemda ,Asn,Pejabat-Pejabat tinggi daerah maupun luar daerah.

Bahkan pengunjung objek wisata Istano Basa Pagaruyung baik dari daerah,luar daerah,Nasional bahkan Internasional yang menggunakan jalan ini. Karena pohon pelindung jenis mahoni ini tepat berdiri di pinggiran jalan Alternatif Pagaruyung -Kota Batu Sangkar.


Lebih lanjut disampaikannya masyarakat sekitarnya  sangat takut dan mengharapkan   agar pohon pelindung yang sangat membahayakan warga agar segera di atasi.mengingat atas keselamatan kita warga yang menggunakan jalan tersebut.

Ditambahnya kalau sudah hujan di sertai angin kencang kami warga sekitar sudah cemas,was-was dan super hati - gati. 

Didampaikannya juga jika masih belum di atasi oleh instansi terkait,kami takut nantinya pohon mahoni yang fungsinya sebagai pohon pelindung ,bisa-bisa menelan korban Jiwa.khususnya Pengguna jalan dan pengunjung objek wisata di Istano Basa Pagaruyung ini.(Ade)