MTsN 5 Padang Pariaman Laksanakan Perpisahan Siswa-Siswi Kelas IX

Ulakan Tapakih, integritasmedia.com - SETELAH genap tiga tahun menuntut ilmu, tibalah saatnya seluruh peserta didik kelas IX diserahkan kembali kepada orang tua atau walinya. Dengan harapan, mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.


Berkaitan dengan itu, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman melaksanakan acara Pelepasan Kelas IX, pada Rabu (30/3/22) yang berlangsung di halaman MTsN 5 Padang Pariaman di Korong Rawang Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih.


Kepada media, Wakil Kepala Madrasah bidang Humas Irmeliza, S.Pd mengatakan. Pada tahun ini, MTsN 5 Padang Pariaman melepas sebanyak 116 orang siswa/siswi kelas IX. Mereka telah selesai melaksanakan Ujian Akhir Madrasah, yang berlangsung pada minggu lalu. Mulai Senin sampai Sabtu (21 - 26 Maret 2022).


Terlihat hadir pada acara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, yang diwakili oleh Pengawas Madrasah Yahya, S.Ag, MM. Camat Ulakan Tapakih Emri Nurman diwakili oleh Kasi Kesra Asni Gusti, S.Pt, Kepala KUA Ulakan Tapakih Muhammad Amin, S.Ag, Kepala MTsN 5 Padang Pariaman Suhaimis, S.Ag,M.A, Kepala MAN 2 Padang Pariaman Dra. Lismaini Amir, M.Pd. yang pernah menjabat Kepala MTsN 5 Padang Pariaman pada tahun 2016 sampai 2021, Ketua Komite MTsN 5 Padang Pariaman Murlis Muhammad, SH,M. Hum, Wali Nagari Tapakih Soni Aprison, S.Pd, dan Wali Korong Rawang Zainal Abidin, S.Pd. serta orang tua siswa kelas IX dan orang tua peserta Wisuda Tahfidz.


Dalam sambutannya, Kepala MTsN 5 Padang Pariaman, Suhaimis, S.Ag, M.A  berharap. Semoga seluruh siswa kelas IX MTsN 5 Padang Pariaman lulus dengan nilai baik dan dapat terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga, akan terbuka jalan untuk mewujudkan cita-cita.


Kepala Madrasah juga menyampaikan rasa bangga, atas banyak prestasi yang telah diraih oleh MTsN 5 Padang Pariaman. 


"Telah banyak perlombaan yang diikuti oleh siswa-siswi MTsN 5 Padang Pariaman, sepanjang tahun pelajaran 2021/2022 dan hampir seluruh perlombaan yang diikuti siswa-siswi madrasah ini meraih juara", pungkasnya.


Harapan beliau, prestasi yang telah diraih dapat menjadi semangat bagi siswa-siswi madrasah. Untuk lebih banyak lagi mengukir prestasi, baik tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.


"Mudah-mudahan dengan banyak prestasi ini, dapat menjadi pertimbangan bagi orang tua untuk mendaftarkan anaknya belajar di MTsN 5 Padang Pariaman", harap Suhaimis.


Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili oleh Yahya, S.Ag, MM, menyampaikan. Bahwa orang yang Hafizh Qur'an dan selalu membaca Alquran, adalah orang yang cerdas dan memiliki jiwa tenang. 


"Semoga para penghafal Al-Qur'an yang kita saksikan ini, menjadi pemimpin yang Qur'ani dimasa mendatang" ujarnya.


Kepada semua majelis guru, Kepala Kantor Kemenag juga berpesan. Setiap guru madrasah, harus menjadi guru yang hebat dan diteladani.


"Agar siswanya juga menjadi hebat, lengkap dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sesuai dengan pembelajaran abad 21 dan menerapkan program merdeka belajar. Sehingga, akan tercipta madrasah hebat bermartabat, mandiri dan berprestasi", tuturnya.


Bersamaan dengan acara pelepasan siswa kelas IX MTsN 5 Padang, juga dilaksanakan Wisuda Tahfidz sebanyak 53 orang siswa-siswi dengan beragam kategori hafalan. Salah seorang siswa yang diwisuda Tahfidz tersebut, merupakan juara 2 lomba Tahfiz tingkat SMP/MTs se Kabupaten Padang Pariaman yang diadakan oleh SMAN 1 Ulakan Tapakih,  dengan kategori hafalan sebanyak 7 Juz.


Pada acara itu, seluruh siswa kelas IX diberikan medali dan sertifikat untuk siswa yang diwisuda Tahfidz dan diserahkan langsung oleh Kepala Madrasah, didampingi Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum Nur'aidi, S.Ag, M.Pd, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Ermaniyulis, S.Pd.I. serta para Wali Kelas IX, Nurridawati, S.S, M.Pd, Elni Syuryanti, S.Pd, Siti Anizar, S.Pd. dan Zulnaida, S.Pd.


Acara ini, juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Pasambahan, Puisi dan beberapa Tari Kreasi oleh siswa-siswi MTsN 5 Padang Pariaman.(Hms)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama