Hebat!! SMK Negeri 3 Payakumbuh Gelar Uji Kompetensi LSP-P1 Berstandar Nasional


Payakumbuh, Integritasmedia.comcom m– Dibawah kepemimpinan Dra Wismarmi M.m SMK Negeri 3 Payakumbuh gelar ujian kompetensi LSP-P1 (Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak-1) yang di ikuti oleh 394 siswa dari 4 jurusan seperti Keahlian Tata Boga, Tata Busana, Perhotelan dan Tata Kecantikan dengan jumlah Asesor sebanyak 10 orang, di SMK Negeri 3 Payakumbuh  (25/3/2022)

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi.

Kepsek SMK Negeri 3 Payakumbuh Dra. Wismarmi M.m menyampaikan, Lisensi LSP-P1 itu di berikan pada tahun 2019, ketika itu kami di tunjuk sebagai ketua, dan alhamdulillah penyelenggaraan uji nya dapat terselenggara hari ini, ujar Wismarmi.

“SMK Negeri 3 yang telah memiliki LSP-P1 (Lembaga, Sertifikasi, Profesi Pihak ke 1) dan boleh di dirikan di sekolah atas lisensi Badan Nasional Sertifikasi Provinsi, ketika kita di berikan lisensi, artinya sekolah di berikan kewenangan untuk menguji anak-anak yang akan tamat maupun yang masih dalam proses.

Kewenangan sekolah menyelenggarakan sesuai acuan dari badan nasional sertifikasi provinsi tujuan nya adalah ketika mereka lulus, mereka akan mendapatkan Sertifikasi Kompetensi berlogo lambang Burung Garuda yang di akui Secara Nasional. terang Kepsek Miswarmi.

Hal senada Juga diungkapkan oleh assesor Kompetensi dari Lsp Pariwisata Maestro Indonesia Rozi Yuliani, beliau diundang oleh SMKN 3 untuk melakukan asesmen bagi siswa kelas XII kompetensi keahlian perhotelan. Rozi berharap setelah siswa mengikuti keahlian kompetensi ,mereka akan mendapat sertifikat BNSP LSP P1 Smkn 3 payakumbuh ,dan akan memudahkan para siswa memasuki industri pekerjaan karena mereka telah lulus uji kompetensi dan terlatih ujar Rozi.

“Anak-anak yang akan di uji itu harus mendaftar ke kantor LSP dan mereka bisa memilih unit kompetensi apa yang mereka sudah mampu atau siap untuk di uji, dan mereka akan di uji oleh Asesor sesuai dengan bidang nya yang juga mendapatkan sertifikasi asesor dari BNSP. imbuh kepala sekolah yang lembut itu di akhir wawancara dengan pihak media(A)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama