SMPN 1 Harau Laksanakan Program Tahfidz

Kepala SMPN 1 Harau Osnelly Jasmi, M

Pd 

Limapuluhkota,  Integritasmedia. Com-Q.S. Al Hijr:9, yang artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.

Allah membolehkan seseorang memiliki rasa iri terhadap para ahlul Quran, “Tidak boleh seseorang merasa iri kecuali dalam dua perkara, iri terhadap seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Quran kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat.

Rasulullah lebih mengutamakan para sahabatnya yang hafal Al Quran jika beliau mengutus sekelompok orang beliau berpesan Hendaknya yang menjadi pemimpin kalian adalah yang paling banyak hafalan Al Qurannya. (HR. Bukhari).

Dalam rangka pendalaman tentang Al, Qur, an serta supaya anak didiknya fasih dalam membaca Al, Qur, an  secara  hafalan , baik bacaan,  tajwid maupun irama. SMPN 1 Harau telah mulai  melaksanakan program tahfidz yang merupakan program high school.


Kepala SMPN 1 Harau Osnelly Jasmi M. Pd mengatakan kepada media bahwa mulai tahun ajaran 2022 ini SMPN 1 Harau mulai melaksanakan program tahfids yang merupakan kegiatan  high school bertujuan untuk menguatkan hafalan Alquran siswa dan menambah kecintaan terhadap Alquran. Terdapat kurang lebih 70 siswa yang mengikuti program tahfidz, dan para siswa terus bertambah. “Kegiatan ini merupakan kegiatan menghafal Alquran setiap seminggu sekali bagi siswa yang mengikuti program high school tersebut.


Dikatakannya bahwa setiap siswa yang mengikuti kegiatan tersebut secara  berkelompok. Setiap kelompok dibimbing oleh seorang pembimbing (musyif). Satu kelompok terdiri dari 3 sampai 6 orang diswa setiap mentor atau pembimbingnya. 


Bentuk kegiatan itu ada yang berupa setoran Hafalan  siswa satu per satu menyetorkan hafalannya pada pembimbing setiap hari. Setoran tersebut boleh diberikan pada pagi hari,  waktu istirahat maupun setelah pulang sekolah.


Pada bulan ramadhan ini kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari yaitu jam 7,30 WIB dan pada hari biasanya dimulai jam 7.00 WIB. 


Lebih lanjut disampaikan oleh Osnelly bahwa kegiatan tahfidz ini dilaksanakan setiap hari Kamis setelah siswa pulang sekolah,  dan kegiatan ini dilaksanakan dimushollah sekolah. Untuk program tahfids ini dimulai dari just 30, dan setelah siswa tamat just 30 mereka boleh memilih just mana yang akan mereka lanjutkan setelah itu. Dan pada bulan Desember 2022 nantinya kita akan mengadakan qatam terhadap siswa yang telah tamat just 30 tersebut,  serta tahun 2023 dilanjutkan dengan just berikutnya. 


Dikatakannya juga bahwa kegiatan ini merupakan agent of chamge (agen perubahan)  dari pribadi,  tingkahlaku siswa yang berkarakter,  dan diharapkan dengan program ini siswa yang telah mengikuti bisa mengajak teman lainnya untuk mengikuti program tahfids ini.

Dan pada tanggal.21,22.23 April. 2022 ini SMPN 1 Harau akan melaksanakan gaurah tahfudz (karantina)  dan kegiatan fokus untuk tahfids Al, Qur, an,ujar Osnelly.(Antoncino) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama