Payakumbuh Integritasmedia. Com - Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyelenggarakan Pekan Olahraga Seni (Porseni) yang diharapkan dapat mengembangkan potensi dan kreativitas anak.

Ketua Himpaudi Kecamatan Payakumbuh Selatan Enny Deliusmarni di Payakumbuh, Senin, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh ratusan siswa-siswi dari Satuan Paud Sejenis (SPS), Taman Kanak-Kanak (TK), dan Kelompok Bermain (KB) se-Kecamatan Payakumbuh Selatan.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, 30 hingga 31 Mei dan ditutup dengan pawai pada tanggal 2 Juni 2022," kata dia.

Ia mengatakan untuk lomba hari pertama ada kolase orang tua dan anak yang pesertanya dari TK, KB, dan SPS. Kemudian pada hari kedua lomba membaca tahfidz surat pendek dimana siswa TK membaca Ayat Kursi dan siswa KB membaca Surat Al Ikhlas, serta lomba memindahkan air," kata dia.

Menurutnya, lomba yang melibatkan orang tua diharapkan dapat membuat orang tua merasakan bagaimana mengajar dan mengarahkan anak dengan kesabaran.

"Orang tua memiliki peran yang besar terhadap pendidikan anak karena itu salah satu lomba yang kita adakan langsung melibatkan orang tua," kata dia

Pembukaan kegiatan digelar Gedung Serbaguna Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Senin (30/5) yang dihadiri Kabid PAUDNI Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Hasni dan jajaran, Camat Payakumbuh Selatan Agus Rubiono, Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan, dan lainnya.

Camat Payakumbuh Selatan Agus Rubiono mengatakan apresiasi atas semangat Himpaudi dalam hal ini bunda PAUD kecamatan, kelurahan, dan guru PAUD yang berswadaya agar kegiatan ini digelar.

"Kegiatan ini mendukung program pemerintah, misi Wali Kota Payakumbuh nomor satu yakni mewujudkan sumber daya manusia yang handal, sehat, dan kompetitif. Kami berpesan agar anak-anak bisa bersuka ria mengikuti kegiatan ini dan timbulnya jiwa kompetisi anak-anak usia dini dengan berbagai lomba yang ada," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid PAUDNI Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Hasni mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi dan kreativitas anak sejak dini agar lebih berani tampil di depan banyak orang.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia penyelenggara atas berjalannya acara kegiatan Porseni ini yang sudah memberikan dukungan kepada pemko, begitu juga pada panitia sudah memberikan loyalitas sangat tinggi sehingga kegiatan cukup lancar dan begitu baik," ujarnya.(A)