Wako Hendri Septa : Alhamdulillah, ASN Pemko Padang Kedisiplinannya Cukup Tinggi

Wako Padang, Hendri Septa

"Pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran Idul Fitri absensi ASN di lingkup Pemerintah Kota Padang khususnya yang berkantor di Komplek Perkantoran Balai Kota yaitu 97 persen. Sisanya dari laporan yang ia terima terdapat ada beberapa ASN yang izin karena sakit dan cuti melahirkan".


Padang, integritasmedia.com - PADA hari pertama kerja pasca libur dan cuti Idul Fitri 1443 H/2022, Walikota Padang Hendri Septa, Senin (9/5/22) pagi, langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna mencek kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah kota yang ia pimpin.


Sebelum memulai sidak Wako Hendri memimpin apel gabungan yang diikuti para pimpinan dan ASN yang berkantor di Komplek Perkantoran Balai Kota Padang Aie Pacah.

Sidak pun dilakukan ke beberapa OPD diantaranya Bappeda dan Dinas Kesehatan.


Walikota mengatakan, pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran absensi ASN di lingkup Pemerintah Kota Padang khususnya yang berkantor di Komplek Perkantoran Balai Kota yaitu 97 persen. Sisanya dari laporan yang ia terima terdapat ada beberapa ASN yang izin karena sakit dan cuti melahirkan. 


"Cuti Lebaran sampai tanggal 8 Mei. Senin, 9 Mei semua ASN wajib masuk kembali. Maka itu tidak ada toleransi jika terdapat temuan ASN menambah libur tanpa alasan yang jelas," ujarnya Wako dalam arahannya.


Seperti diketahui, beberapa hari sebelumnya Walikota Hendri Septa melalui Kepala BKPSDM Arfian sudah mengingatkan para ASN di lingkungan Pemko Padang untuk masuk tepat waktu usai cuti Lebaran.

Hal itu berdasarkan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Nomor: 870.605/BKPSDM-PDG/2022 tentang Jadwal Sidak Masuk Kerja Tanggal 9 dan 10 Mei Tahun 2022 di Lingkungan Pemko Padang. SE ini mengacu PP No.94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS serta merujuk Keputusan Bersama 3 Menteri terkait.


"Pada besoknya Selasa, saya juga akan melakukan sidak. Alhamdulillah pada hari ini ASN kita menunjukkan kedisiplinan yang bagus. Jadi ini yang kita inginkan, karena di samping terus meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap publik/masyarakat ASN itu harus disiplin," imbuh Wako.


Dikesempatan itu juga dilakukan pelepasan Paskibraka Kota Padang menuju seleksi tingkat provinsi. 


"Kita berharap Paskibraka kita dapat melenggang hingga nasional. Mereka adalah generasi muda pilihan yang telah ditempa sedemikian rupa. Semoga mereka dapat mengharumkan nama Kota Padang," harap Wako.

Terkait pembinaan generasi muda, Wako Hendri Septa juga memaparkan tentang pembangunan Youth Center yang sedang berjalan, selaku tempat yang bakal dijadikan pusat kreatif dan inovasi pemuda di Kota Padang.


Proses pembangunan Youth Center yang berlokasi di ex Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan itu, katanya, ditargetkan rampung pada Juli mendatang. Peresmiannya nanti direncanakan akan dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.


"Pembangunan Youth Centre yang merupakan satu-satunya di Sumatera adalah bagian dari program unggulan Pemko Padang yang tertuang dalam RPJMD dan merupakan satu dari 11 Program unggulan Walikota Padang. Jadi, Youth Centre ini kita siapkan untuk pusat kreativitas pemuda yang di dalamnya menyediakan 17 sub-sektor ekonomi kreatif, termasuk stand fashion produk UMKM unggulan Kota Padang. Insya Allah dengan adanya kehadirannya bisa menghasilkan pengusaha muda yang berkarakter," harap Wako bersemangat.


"Apalagi di sana juga akan ada tempat belajar dan pembinaan para calon pengusaha muda. Sehingga ikut menyediakan ruang lapangan pekerjaan bagi wirausahawan-wirausahawan muda dan komunitas-komunitas kreatif, sekaligus menjadi inkubator bisnis ekonomi kreatif di Kota Padang. Semoga seluruh ASN di Pemko Padang mendukung keberadaan Youth Center ini," jelas Hendri Septa menambahkan.


Lebih jauh orang nomor satu di Kota Padang juga tak lupa mengharapkan dukungan seluruh ASN untuk menyukseskan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-15 dan Indonesia City Expo (ICE) ke-18 Tahun 2022 yang dituanrumahi Kota Padang.

"Rakernas APEKSI ke-15 tahun akan dilaksanakan pada 7-10 Agustus 2022 mendatang. Kegiatan ini merupakan kegiatan besar tahunan yang dihadiri seluruh peserta terdiri dari Wali Kota se-Indonesia. Banyak dampak positif bagi Kota Padang terutama bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang melalui event ini tentunya. Ekonomi masyarakat pun diharapkan ikut bergerak apalagi cukup lama lesu sejak pandemi Covid-19 melanda," pungkas Wako mengakhiri sembari mengucapkan atas nama pribadi dan keluarga minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama