Sekolah Penggerak SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh Laksanakan In House Training

                    Jamaludin, S,Pd

Limapuluhkota, Integritasmedia.com- Program Sekolah Penggerak merupakan program baru dari pemerintah pusat dalam mewujudkan manusia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar peserta didik secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

 


Sebagai salah satu dari SMA/SMK terpilih sebagai pelaksana Sekolah Penggerak
 di Kabupaten limapuluhkota, SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh memulai langkah mempersiapkan penerapan kurikulum Profil Pelajar Pancasila jl dengan mengadakan In-House Training (IHT) selama 

6 (delapan) hari. IHT terkait implementasi kurikulum Profil Pelajar Pancasila (Program Sekolah Penggerak) yang diadakan dari tanggal 14 Juni sampai 15 Juni serta tanggal 29 Juini.s/d 1 Juli serta mengimplementasikan 1 hari untuk kelas XI dan XII.pada tanggal 3 Juli, dan kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kacabdin Wilayah IV Asricun, ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh kepada media ini.





Jamaludin, S,Pd mengatakan bahwa adapun materi pelatihan yang diberikan kepada para peserta IHT tersebut meliputi: 
Orientasi Pelatihan, Pendidikan yang Memerdekakan, Kerangka Kurikulum Program Sekolah Penggerak, Capaian Pembelajaran, Asesmen, Perangkat Ajar, Kurikulum Operasional Sekolah, dan Pengenalan Literasi Digial. Untuk mengukur ketercapaian materi pelatihan, para peserta IHT diberikan pre-test di awal pelatihan dan post-test di akhir pelatihan.


Lebih lanjut disampaikannya bahwa kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan model penyampaian materi yang dibarengi dengan diskusi dan tugas mandiri. Pada sesi diskusi, para peserta IHT sangat antusias dalam menyampaikan pendapat dan bertanya terkait materi yang disampaikan. Sehingga, pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh Bapak Ibu guru peserta IHT dapat menjadi masukan untuk pengimplementasian kurikulum Profil Pelajar Pancasila ke depannya di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh.


Dalam kegiatan tersebut narasumbernya Asricun selaku Kacabdin Wilayah IV yang lansung membuka acara,fasilitator untuk Kabupaten.limapuluhkota Suherman, M,Si yang merupakan dosen UNP serta  Pengawas Managerial Risman, M,Pd, ujar Jamaludin,(Antoncino)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama