Tim Asman Toga Melakukan Penilaian Ke Padang Tinggi Piliang Payakumbuh Barat


Payakumbuh , Integritasmedia,com– Tim penilai lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresur tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 melakukan penilaian dan verifikasi lapangan ke Kelompok Asman Aloe Vera Kelurahan Padang Tinggi Piliang Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis(16/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Herlina, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Yuniri Yunirman, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Lurah Se Kecmaatan Payakumbuh Barat serta niniak mamak,bundo kanduang, tokoh masyarakat Kelurahan Padang Tinggi Piliang.

Dalam sambutannya,Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Herlina mengatakan dengan adanya Asman Toga ini, Khususnya Asman Aloe Vera yang ada di Kelurahan Padang Tinggi Piliang masyarakat terbantu dengan adanya obat yang ditanam mandiri di pekarangan rumah.

“Dengan adanya Asman Toga masyarakat tidak ketergantungan dengan obat-obatan kimia dan juga tumbuhan obat ini juga bisa digunakan menjadi pengobatan akupuntur yang bisa membantu masyarakat dengan pertolongan pertama,” Ujar Herlina

Ditambahkan Herlina, Selain dijadikan tanaman obat, Kelompok Asman Aloe Vera dapat memanfaatkan tumbuhan tersebut menjadi olahan makanan lezat yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Melalui Kelompok Asman Aloe Vera, Tumbuhan Aloe Vera Tidak hanya dijadikan tanaman obat tetapi juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan memiliki nilai jual. Contohnya saja seperti puding aloe vera, nuget aloe vera, jus aloe vera keripik daun kelor dan keripik sirih dan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar khususnya kelurahan Padang Tinggi Piliang,” Terangnya.

Diakhir sambutannya, Herlina Berharap dengan adanya berbagai inovasi yang dihadirkan oleh Asman Aloe Vera Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Tim Penilai lomba Asman Toga Tingkat Provinsi dapat memberikan nilai terbaik kepada kelompok Asman Aloe Vera sehingga nantiknya Asman Aloe Vera menjadi yang terbaik di Tingkat Provinsi Sumatera Barat bahkan sampai ke Tingkat Nasional.

“Kami dari Pemerintah Kota Payakumbuh berharap dengan adanya berbagai inovasi yang dihadirkan oleh Asman Aloe Vera Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Tim Penilai lomba Asman Toga Tingkat Provinsi Sumatera Barat dapat memberikan nilai terbaik kepada kelompok Asman Aloe Vera sehingga dapat menjadi yang terbaik di Tingkat Provinsi Sumatera Barat bahkan sampai ke Tingkat Nasional,” Pungkas Herlina.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Yuniri Yunirman mengatakan pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya peningkatan derajad kesehatan masyarakat melalui toga dan menguatkan peran akupresur.

“Dengan dibentukya kelompok Asman Aloe Vera diharapkan dapat meningkatkan derajad kesehatan masyarakat dengan memanfaatkan tanaman obat disekitar kita,” Ujar Yuniri

Ditambahkan, Pihaknya sangat berterina kasih kepada OPD terkait yang telah mendukung adanya Asman Aloe Vera khusunya kepada Puskesmas Parit Rantang, Payolansek dan Ibuh yang telah memberikan pembinaan dan informasi kepada kelompok Asman Aloe Vera.

“Untuk kegiatan ini kami sangat berterima kasih kepada Puskesmas parit rantang, payolansek dan Ibuh yang telah memberikan pembinaan kepada kelompok Asman Aloe Vera. Serta kami berharap kepada Tim Penilai dari Provinsi dapat memberikan penilaian yang terbaik kepada Asman Aloe Vera sehingga nantinya menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” Pungkas Yuniri.

Dikesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai Asman Toga Provinsi Sumatera Barat dr. Viona Liza mengatakan kedatangan tim verifikasi dalam rangka untuk memenuhi tugas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan penilaian Asman Toga dan Akupresur.

“Penilaian ada beberapa kategori mulai dari keluarga binaan, kader, PKK kelurahan dan kecamatan, serta Dinas kesehatan,” katanya

Dijelaskan Viona, Asman Toga dan Akupresur ini dikembangkan dari masyarakat sendiri, karena sudah lama dan sudah cukup dikenal dimasyakarat dan pihaknya hadir untuk memberikan motivasi.

“Dari hasil penilaian nantinya akan diketahui apakah Toga dan Akupresur sudah dimanfaatkan atau tidak, disamping kesehatan tradisional ini perlu disosialisasikan dan dikembangkan di masyarakat karena sangat penting,” Pungkasnya(A)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama