Post Title

Limapuluh Kota, Integritasmedia . Com-- Memanfaatkan momentum Idhu Adha 1443 H, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengagendakan kunjungan kerja (kunker) selama dua hari dari tanggal 10 Juli sampai dengan 11 Juli 2022 di Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota.  Bobot kunker kali ini tak tanggung-tanggung, Gubernur Mahyeldi seakan 'ngantor' di Kapur IX, karena nyaris memboyong seluruh Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Bahkan agar kunker efektif, Gubernur Sumbar, para Kepala OPD Pemprov Sumbar serta rombongan pada Minggu (10/07/2022) malam bakal menginap di rumah-rumah penduduk dan tenda di Nagari Galugua. 
"Komiten Gubernur Mahyeldi dan Bupati Limapuluh Kota  Safaruddin untuk senantiasa melakukan sinkronisasi intensif terutama akselerasi  membangun dari  wilayah pinggiran adalah hal yang tak terpisahkan dari kunker ini. Sejumlah kegiatan telah menunggu Gubernur Sumbar di di Durian Tinggi, Sialang dan Galugua, dari  sosial keagamaan, pendidikan, peninjauan sumber daya alam, lokasi pembangunan infrastruktur, serta dialog dengan masyarakat," jelas  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Limapuluh Kota  Eki H.Purnama di Payakumbuh ihwal kunker Gubernur Sumbar di Limapuluh Kota, di Payakumbuh Sabtu (09/07/2022). 

Diinformasikan oleh Kadis Kominfo Limapuluh Kota, Bupati Safaruddin menyambut baik kunker Gubenur Mahyeldi.  Sejumlah kepala perangkat daerah, Camat Kapur IX, serta sejumlah wali nagari di Kapur IX, diinstruksikan Bupati Safaruddin, untuk menyiapkan lokasi-lokasi kunker dan fasilitas peginapan Gubernur Sumbar dan rombongan. "Bupati Safaruddin akan mendampingi secara langsung Gubernur Mahyeldi di kunker," tambah Kadiskominfo Eki H. Purnama. Ditambahkannya,  pelaksanaan kunker ini juga tak lepas dari komunikasi yang dibangun oleh Bupati Safaruddin dengan Gubernur Mahyeldi selama ini.   Seperti pertemuan keduanya  beberapa waktu lalu tentang pengembangan  kawasan pertumbuhan baru di Timur Limapuluh Kota. Terutama kawasan segitiga antara Kabupaten Pasaman, Limapuluh Kota dengan Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Kawasan pertumbuhan baru ini diyakini bakal membawa kepada kemudahan akses Sumbar-Riau, pertumbuhan wilayah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di ketiga kawasan, khususnya Nagari Galugua dan nagari-nagari lainnya di Kapur IX.   " Di kunker ini, Gubernur nanti akan meninjau calon lokasi pembangunan jembatan yang menghubungkan Provinsi Sumbar dengan Riau, di Jorong Tanjung Jajaran, Galugua," tambah Kadiskominfo Eki H. Purnama.

Sementara dari rundown kegiatan Kunker Gubernur Sumbar di Limapuluh Kota, diuraikan oleh Kadiskominfo Limapuluh Kota kunker diawali siang hari  tanggal  10 Juli 2022 berupa pertemuan dengan Tokoh Masyarakat dan Wali Nagari se-Kecamatan Kapur IX di Mesjid Raya An-Nur, Nagari Sialang. Pada malamnya,  digelar Tabligh Akbar dan Pertemuan dengan Tokoh Masyarakat dan Warga Galugua di Mesjid Raya Galugua.  Keesokkan harinya, tanggal 11 Juli 2022, masih di Mesjid Raya Galugua dilakukan penyerahan dan penyembelihan hewan qurban Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.   Selanjutnya menuju Jorong Koto Tangah dengan kegiatan peninjauan Batang Kampar, Pokesri, SD Negeri 01 Galugua. Sedangkan di Tanjung Jajaran berupa peninjauan Sungai Batang Kampar dan lokasi pembangunan jembatan penghubung Provinsi Sumbar dan Provinsi Riau.  Menjelang rombongan kunker Gubernur Sumbar betolak menuju Sialang Bawah, Durian Tinggi. Di sini Gubernur Sumbar akan meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan gantung dan dilanjutkan peletakkan batu pertama pembangunan penambahan ruang kelas MTS Darul Islamiyah.