Limapuluhkota, Integritasmedia .com-Dinas Koperasi dan UMKM  Kabupaten Limapuluhkota memperingati Hari Koperasi Nasional Ke-75 dengan menggelar berbagai kegiatan. Senen (15/8/2022) dilaksanakan dengan apel pagi yang acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Limapuluhkota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo. Selanjutnya pemberian hadiah bagi koperasi berprestasi serta memberikan bantuan donasi kepada koperasi  jessico yang mengalami kebakaran beberapa waktu lalu dan selanjutnya dilaksanakan gerak jalan santai serta hiburan berupa KIM yang dilaksanakan diparkiran komplek Dinas Koperasi  dan UMKM Kabupaten Lumapuluhkota.


Bupati Limapuluhkota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo secara resmi membuka peserta gerak jalan yang mengambil start di lapangan parkir  Diskoprindag & UMKM  Kabupaten Limapuluhkota.

 


Bupati limapuluhkota dalam sambutannnya menyampaikan bahwa “Peran koperasi dan UMKM  yang ada di Kabupaten limapuluhkota menjadi bagian penting, karena ini adalah merupakan pergerakan ekonomi dari bawah. Tentunya hal yang harus kita dukung bersama,” apalagi bapak koperasi Indonesia Bung Hatta yang merupakan putra Minang, ungkap Bupati.





                        Kadis Ayu Mitria Fadri

Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM  Limapuluh Kota, Ayu Mitria Fadri S,Si M.M.PdK mengatakan bshwa  koperasi yang berada dibawah binaan Dinas Perdagkopum Kabupaten Limapuluh Kota sejumlah 130 Gerakan Koperasi, yang diketuai oleh Dr.Harmen.

Disebutkannya bahwa ada 130 Koperasi yang terdaftar dan menjadi Koperasi Binaan Dinas PerdagKopUm Limapuluh Kota,” ungkap Ayu.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa “Peringatan Hari Koperasi Daerah ini diharapkan kedepannya Koperasi dan UMKM lebih berkembang, semangat dan akan menyuburkan Ekraf (Ekonomi Kreatif) yang bisa lebih mensejahterakan anggota anggota Koperasi.

Acara yang di gagas oleh seluruh Gerakan Koperasi se-Kabupaten Limapuluh Kota ini juga bisa lebih terbina keakraban dalam silaturahmi yang kuat, dan tentunya dengan lebih menjiwai Gerakan berkoperasi, seperti cita cita luhur Bapak Kopandonesia Bung Hatta,” ujar Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM Limapuluh Kota.

Disampaikannya juga bahwa dalam rangka menyambut Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ini, 82 Koperasi berkontribusi dengan mengumpulkan donasi dari masing masing anggota Gerakan Koperasi, sehingga terkumpullah donasi sebesar Rp 32,785,000.

Sebelumnya 32 Gerakan Koperasi juga sudah mengumpulkan Dompet Peduli sebesar Rp 8,600,000 untuk diserahkan ke KSU LKMA Jesigo yang tertimpa musibah kebakaran.

Ketua Panitia Peringatan Harkopnas Daerah Limapuluh Kota ke 75, Hj.Yeni Elvi, S,ST dalam keterangannya mengatakan: “Peringatan Harkopnas terlaksana berkat Donasi yang terkumpul dari 82 Anggota Gerakan Koperasi plus bantuan dari Dinas Koperasi dan UMKM Limapuluhkota.”.(S)