Irwan Basir : Bersama Ringankan Beban Korban Longsor Lubuk Paraku

"Musibah longsor di Sikayan, Lubuk Paraku bebarapa hari lalu, hendaknya dapat menggugah hati nurani kita untuk bersama-sama membantu dan meringankan beban saudara kita yang menjadi korban dalam bencana tersebut".


Padang, integritasmedia.com - SEBAGAI seorang penghulu atau ninik mamak, Irwan Basir adalah gambaran yang jujur, fasih lidahnya, adil dan tulus, serta mampu memimpin anak kemenakan dan nagari. Sebagai tokoh masyarakat Irwan Basir mempunyai peranan sebagai pengendali sosial, penjaga dan penegak nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, serta memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi. Sebagai pemimpin Irwan Basir mempunyai kepekaan terhadap situasi sosial dan mampu berperan sesuai dengan situasi, kebijaksanaan, keberanian, mampu dalam mengatasi peramasalahan, dan mampu membuat keputusan.


Dan semua itu kembali terlihat dan dirasakan saat Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang itu mengunjungi lokasi dan warga korban longsor yang terjadi beberapa hari lalu di kawasan Sikayan Lubuk Paraku, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Rabu (31/8/22).


Pada kesempatan itu Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM mengatakan, kalau setiap musibah memang tidak bisa di prediksi datangnya, karena semua itu datangnya dari Allah SWT. Setiap musibah itu pasti ada maknanya bagi kehidupan kita selaku manusia untuk selalu bersikap sabar dan bertawakal kepada-Nya.


"Musibah ini datangnya dari Allah SWT. Kita memang tak bisa memprediksi kapan musibah itu akan terjadi dan menimpa kita. Yang pasti tentu ada hikmahnya dibalik semua ini, setidaknya kita bisa bersikap sabar dan selalu bertawakal kepada-Nya," ujar Irwan Basir.


Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya musibah longsor di Sikayan ini hendaknya dapat menggugah hati nurani kita semua untuk bersama-sama membantu dan meringankan beban saudara kita yang telah menjadi korban dalam bencana ini. Untuk itu, Ketua DPD LPM Kota Padang ini mengajak para tokoh masyarakat untuk ikut peduli dan mengulurkan tangan membantu, untuk turut berbagi meringankan beban yang diderita korban longsor ini.


"Pada kesempatan ini kita mengajak para tokoh masyarakat terutama mereka yang punya rezeki lebih untuk bersama-sama membantu meringankan korban yang ditimpa tanah longsor ini. In Syaa Allah bantuan dari kita sangat berarti bagi mereka," ucap Irwan Basir yang juga Ketua Dekopinda Kota Padang ini.


Pada kesempatan tersebut, Irwan Basir menyerahkan bantuan untuk korban yang rumahnya tertimpa tanah longsor tersebut, yang diwakili oleh Yanti. Dan ikut mendampingi kunjungan Irwan Basir ke lokasi bencana tersebut, Wakil Ketua DPD LPM Kota Padang Afma Sasma Tampan, Pengurus DPC LPM Kecamatan Lubuk Kilangan dan Ketua LPM Kelurahan Batu Gadang Helmi Yetti dan tokoh masyarakat lainnya.(***)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama