Payakumbuh , Integritasmedia . Com— Kantor Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) wilayah kerja Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Agam bakal punya kantor baru di Payakumbuh yang berlokasi di kawasan perkantoran Padang Kaduduak Kecamatan Payakumbuh Utara.

Tanda dimulainya pembangunan, peletakan batu pertama dilakukan langsung oleh Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito bersama Staf Khusus Menteri PUPR Bidang SDA Firdaus Ali, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi BPOM, Asisten Setdako Payakumbuh, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Wali Kota Payakumbuh merasa senang dengan berdirinya kantor Loka POM di Payakumbuh. Sebab Payakumbuh merupakan sentra makanan ringannya Sumatera Barat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada BPOM RI karena telah memutuskan pembangunan kantor barunya di kota ini,” kata Wako Riza Falepi usai peletakan batu pertama di Padang Kaduduak, Sabtu (10/09/22) siang.

“Kita juga menginginkan keamanan pangan di Payakumbuh bisa terjaga, karena mayoritas pelaku UMKM kita itu disektor makanan ringan. Dan produk yang dipasarkan nantinya lolos uji edar. Serta tidak ada masyarakat kita yang sakit oleh makanan yang tidak berizin ini,” terangnya.

Riza juga mengharapkan BPOM terus memberikan pendampingan kepada pelaku UKM di Payakumbuh. Karena izin edar suatu produk sangat diperlukan. Jangan sampai tersangkut masalah hukum gara-gara tidak memiliki izin edar.

“Kebanyakan produk makanan ringan yang beredar di Sumbar ini berasal dari Payakumbuh. Kita ingin semua produk ini memiliki izin dan aman untuk di konsumsi. Dan kita tidak menginginkan nanti sampai terjerat masalah hukum. Maka dari itu saya sangat mengharapkan pendampingan dari BPOM untuk pelaku UMKM kita ini,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kerja sama ini tetap berlanjut dan berjalan dengan lancar. Serta bisa menghadirkan pelayanan yang baik kepada masyarakat kita,” tutupnya.

Sementara itu Kepala BPOM RI Penny K. Lukito mengucapkan terimakasih atas hibah tanah dari Pemko Payakumbuh untuk membangun kantor Loka POM yang lebih representatif.

“Alhamdulillah, kita mendapat hibah dari Kota Payakumbuh seluar 4.125 meter persegi, dan pembangunanya akan segera kita mulai,” katanya.

Dia juga menyebut kantor baru Loka POM tersebut diperkirakan akan selesai dalam dua tahun kedepan dengan total anggaran pembangunan lebih lurang 32 milyar rupiah.

“Nanti disini fasilitasnya akan lengkap semuanya, ada juga laboratoriumnya. Mengingat wilayah Loka POM Payakumbuh sangat luas, maka untuk naik status menjadi Balai POM sangat mungkin untuk segera dilakukan,” ucapnya.

“Jadi, dengan demikian harap kita nantinya pendampingan kepada pelaku UMKM yang dikatakan Pak Wali Kota tadi akan lebih maksimal lagi. Sehingga produk yang dipasarkan semuanya memiliki izin edar dan aman,” pungkasnya. (Habib)