Pemkab Solok Launching Nagari Jawi-jawi Sebagai Kampung Inggirih Tingkat Sumbar

Solok, integritasmedia.com - MERDUNYA suara seruling dan talempong, serta penampilan  kesenian Indan dan tari panen, yang merupakan kesenian khas Nagari Jawi-jawi.


Hal ini, semakin memantapkan bukti bahwa nagari Jawi-jawi sangat pantas menjadi kampung wisata budaya.


Diawali dengan arak-arakan ratusan Jamba, sebagai tradisi adat dan budaya khas daerah Nagari Jawi-jawi,  Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.


Memancarkan nuasa keindàhan tersendiri bagi daerah daerah itu. Saat menyambut dan mengiringi kedatangan Rombongan Bupati Solok diwakili Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, saat kunjunganya di Nagari Jawi-jawi, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Dalam acara Pencanangkan Nagari Jawi-Jawi Sebagai Kampung  Inggirih  Tingkat Sumbar Sekaligus Melaunching Excavator, Sabtu (5/11/22).


Medison menuturkan Nagari Jawi-jawi, Guguk Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Adalah satu dari puluhan nagari yang ada di Kabupaten Solok, dengan masyarakatnya agraris masih kental dengan Adat, dan budaya, serta makanan kuliner khas sebagai hasil produk UKM-nya. Serta hasil pertanian di nagari itu yang masih sangat mencerminkan identitas Solok seutuhnya.


Sebagai destinasi wisata, Jawi-jawi adalah pilihan, nagari nan elok itu juga dikenal memiliki banyak rumah gadang,  sehingga  dinobatkan sebagai Kampung Wisata Budaya oleh Kemenpar RI beberapa tahun lalu.


Namun, bagi Pemerintah Kabupaten Solok,  Nagari Jawi-jawi adalah sebuah harapan dalam pengembanagn Wisata Budaya. Karena nagari Jawi-jawi dengan potensi pariwisata dan keindahan alamnya yang tidak kalah dari wisata luar, bahkan yang ada di Sumatra Barat. 


Bupati Solok yang diwakili Sekda Kabupaten Solok Medison, dikesempatan itu menyatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Solok, pihaknya menyampaikan permintaan maaf Bupati Solok yang tidak berkesempatan hadir bersama dalam acara ini. Semoga hal ini tidak mengurangi kehikmatan acara kita pada hari ini.


Dia menegaskan, bagi Pemerintah Kabupaten Solok,  Nagari Jawi-jawi adalah sebuah harapan dalam pengembanagn Wisata Budaya. Karena nagari Jawi-jawi dengan potensi dan keindahan alamnya yang tidak kalah dari wisata luar.


"Pada hari ini kita juga akan melaunching Nagari Jawi-jawi sebagai kampung Inggris, dimana sejauh ini Nagari Jawi-jawi merupakan satu-satunya Kampung Inggris di Sumatera Barat," sebutnya.


 Atas nama Pemerintah Kabupaten Solok kami sangat mendukung pencanangan Nagari Jawi-jawi sebagai Kampung Inggris, dan Pemkab Solok mengupayakan bantuan dan dukungan apa saja yang dibutuhkan kedepanya.


Walinagari Jawi-jawi  Laswir Malin Putieh dikesempatan itu menyatakan,  sebagai pemerintahan nagari, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Solok English Comunity. Kami meyakini, dengan program Nagari Inggris ini, nantinya bakal dapat meningkatkan pengetahuan kita dalam bahasa Inggris. 


"Karena hal ini sangat didukung oleh,  Nagari Jawi-jawi yang merupakan salah satu kampung wisata budaya,  yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara," ujarnya.


"Kepada Pemerintah Daerah kami mohon dukungan, dan bimbinga dalam membina Pariwisata di Nagari Jawi-jawi ini," cetusnya.


Sebelumnya Ketua Pelaksana Bean menyatakan.  Dengan dilaunchingnya Nagari Jawi-jawi sebagai Nagari Inggirih.  Ini bertujuan guna menunjang perekonomian masyarakat Nagari Jawi-jawi dalam pengembangan destinasi wisata. Dan di sini kita juga menyediakan penginapan untuk turis yang berkunjung.


Dikatakan dia, dalam mewujudkan program Bupati Solok di sektor pertanian di Nagari Jawi-jawi, kita juga telah mendapatkan kesempatan pemanfaatan Excavator untuk pembangunan jalan usaha tani.


Dikesempatan itu Sekda Kabupaten Solok Medison juga sekaligus melaunching Nagari Inggris dan Launching Excavator. Acara dilanjutkan dengan Dialog Bahasa Inggris bersama Solok English Comunity


Momen acara itu Bupati Solok diwakili Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Solok Septrismen, Plt. Askor Bidang Ekonomi Pembangunan Syaiful, Kepala Disdikpora Zainal Jusmar. Plt. Kepala Barenlitbang Nafri, Plt. Kepala Disparbud  Armen.  


Perwakilan OPD Tokoh Masyarakat Kab. Solok  Edisar Dt. Manti Basa, Camat Gunung Talang  Donly Wance Lubis,  Forkompimcam, Walinagari Jawi-jawi Laswir,  Walinagari Se-Kecamatan Gunung Talang. Tokoh-tokoh Agama dan Adat Nagari Jawi-jawi, dan  masyarakat.(Roni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama