Ketua DPRD Hj. Nurnisma, SH, Jadikan Paripurna HUT Kota Solok Ke-52 Sebagai Bingkai Sejarah Kota Solok Bangkit Lebih Hebat dan Maju


Kota Solok, integritasmedia.com -
RAPAT Paripurna DPRD Kota Solok dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solok ke-52 Tahun 2022. Berlangsung semarak dan meriah. Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Solok, Hj.Nurnisma didampingi Walikota Solok H. Zul Elfian Umar, Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra. Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Efriyon Coneng dan Bayu Kharisma. 


Juga dihadiri langsung, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi, anggota DPRD Kota Solok, Forkopimda Kota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, Para kepala daerah dan Ketua DPRD tetangga, Ketua TP PKK Kota Solok, Ketua GOW Kota Solok, Ketua DWP Kota Solok, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, para pendiri Kota Solok, Walikota terdahulu serta undangan lainnya. Jumat (16/12/22)  di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Jum'at (16/12/22).


Ketua DPRD Kota Sokok Hj. Nurnisma, SH  dalam sambutannya mengatakan, tanggal 16 Desember diperingati sebagai hari bersejarah bagi masyarakat Kota Solok. Dan tidak terasa Kota Solok telah berusia 52 Tahun. Yang meupakan perjalanan rentang panjang perjalanan Kota Solok karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. 


Meski sebuah Kota kecil yang Insya Allah dalam perjalanya menjelma menjadi Kota yang maju, modern dan agamis. Dari kilas baliknya, Kota Solok telah mengalami perubahan yang signifikan, baik dari aspek fisik maupun dari aspek sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan. "Berbagai perubahan ini tentu harus di antisipasi secara cerdas agar Kota Solok tetap menjadi tempat yang nyaman bagi sistem kehidupan, sekaligus memberi dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


"Sebagai masyarakat Kota Solok kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kota Solok.  Sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi. Mari kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan  yang lebih baik," pinta Nurnisma.


Selanjutnya, Rasa cinta dan bangga  terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing masing sehingga tema tersebut tidak hanya indah dalam tataran kognisi dan retorika tapi menjelma dalam implementasi dan  karya nyata. 


Spirit inilah yang menjadi alasan kuat sehingga Pemerintah Kota Solok menjadikan “Solok Kota Beras Serambi Madinah” yang Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara) sebagai spirit dalam membangun Kota Solok. Spirit ini jugalah yang mendasari penetapan tema Hari Ulang Tahun Kota Solok kali ini yakni “Bangkit Lebih Kuat, Hidup Lebih Taat, Insya Allah Lebih Hebat, Solok Berjuara” sebutnya.


Sementara Walikota Solok Zul Elfian menyebutkan. Peringatan hari jadi Kota Solok yang ke-52 ini, terlihat lebih semarak dibandingkan dari 2 tahun sebelumnya. Momen hari jadi kali ini, kita peringati sembari mengenang kembali nilai-nilai moral yang dipersembahkan secara tulus oleh tokoh-tokoh yang telah berjasa mendirikan Kota Solok. 


Pertumbuhan ekonomi yang tumbuh menjadi 3,56 dari minus 1,42 pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini tentu harus kita dorong lagi sehingga bisa kita tingkatkan dengan mempercepat pelaksanaan pembangunan. Dan mendorong sektor-sektor produksi untuk terus bisa berjalan serta memperluas pangsa pasar.


Pendapatan Perkapita masyarakat juga meningkat menjadi Rp. 57,10 juta. Angka kemiskinan tercatat sebesar 3,12 persen, nomor 2 terendah di Sumatera Barat dan  nomor 10 terendah di Indonesia.Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) sebesar 78,41.


"IPM Kota Solok ini lebih tinggi dibandingkan dengan IPM Sumatera Barat yang sebesar 72,65. Dari segi peringkat, posisi IPM Kota Solok konsisten berada pada peringkat 4 dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat," jelas Wako.


Selanjutnya, di umur Kota Solok yang ke-52 ini, Alhamdulillah, Pemerintah Kota Solok terus berbenah demi kemajuan Kota Solok ke depan. Wajah Kota Solok berangsur berubah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Kota Solok. Pemerintah Kota Solok berupaya menciptakan iklim yang kondusif, tata kelola pemerintahan yang baik dan berinovasi, pelayanan publik yang semakin mudah, dan terus berupaya agar turunnya tingkat kemiskinan, pelestarian adat dan budaya, pendidikan yang berkualitas, suasana agamais yang menyejukkan, dan potensi wisata yang semakin digenjot. 


Hal ini tentu berdampak pada lebarnya peluang investasi yang semakin ramah dan terbuka, dalam rangka mewujudkan visi Kota Solok yaitu TERWUJUDNYA MASYARAKAT KOTA SOLOK YANG BERIMAN, BERTAQWA DAN SEJAHTERA MENUJU KOTA PERDAGANGAN, JASA SERTA PENDIDIKAN YANG MAJU DAN MODERN”sebutnya.


Dikatakannya, sampai saat ini Pemerintah Kota Solok telah melakukan pembangunan baru sebanyak 17 buah masjid yang ada di Kota Solok. Kedepan, Pemerintah Kota Solok bersama DPRD tetap berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan masjid lain yang ada.


Pemerintah Daerah juga memprioritaskan untuk pengembangan ekonomi Kota Solok melalui pemberdayaan UMKM. IKM dan Ekonomi Kreatif Masyarakat. Juga optimalisasi Pasar Raya Solok, pengembangan kawasan agro wisata Sawah Solok, Batu Patah Payo dan Pulau Belibis. Optimalisasi Pasar Raya Solok dilakukan dengan revitalisasi beberapa titik strategis pasar, yang merupakan satu-satunya pasar yang ada di Kota Solok.


Di bidang infrastuktur, Pemerintah Kota Solok sedang gencarnya mewujudkan terbangunanya sebuah stadion yang representatif, yakni GOR Marahaddin di Kelurahan Laing. Pembangunan ini tidak terlepas dari perhatian dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam bentuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Kita berharap, GOR ini dapat segera terwujud, dan Kota Solok siap untuk jadi tuan rumah Pekan Olah Raga tingkat Provinsi Sumatera Barat (PORPROV) pada tahun 2025 yang akan datang.


"Kami juga menyadari, masih banyak kekurangan dan harapan dari masyarakat yang belum bisa terpenuhi. Untuk itu pemerintah daerah akan terus berbenah dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Solok," cetusnya.(Roni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama