Akhirnya, Masyarakat Jorong Sawah di Ujuang Dapat Menikmati Air Bersih Melalui Program Pamsimas

Tanah Datar, integritasmedia.com - MELALUI Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), puluhan rumah masyarakat di Jorong Sawah di Ujuang Nagari Batipuah Ateh Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar akhirnya menikmati air bersih.


Hal tersebut disamapaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra pada acara Serah Terima Program Pamsimas Tahun 2022, Senin (20/2/23) di Masjid Nurul Amin Jorong Sawah di Ujuang.


"Alhamdulillah, akhirnya penantian masyarakat untuk bisa memiliki air bersih bisa terealisasi melalui Program Pamsimas ini, semoga bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesehatan masyarakat," kata Eka. 


Bupati Eka menekankan kepada masyarakat Jorong Sawah di Ujuang bahwa setelah memiliki air bersih, tentu saja akan dapat turut mendukung penurunan angka stunting di Tanah Datar. 


"Salah satu elemen penting dalam menurunkan stunting adalah ketersediaan air bersih. Alhamdulillah dengan Pamsimas masyarakat kita di sini telah menikmatinya, karena itu biasakan hidup lebih bersih. Buatlah MCK yang lebih refresentatif di rumah masing-masing," pesannya. 


Bupati Eka di samping berpesan agar Program Pamsimas dinikmati dengan sebaik-baiknya, ia berharap masyarakat menjaga fasilitas dengan sebaik-baiknya sehingga bisa bertahan dan dinikmati lebih lama.


"Terima kasih khususnya kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumbar dan pihak lainnya. Saya juga menghimbau masyarakat tetap kompak, jangan jadikan fasilitas air bersih ini sebagai cikal bakal perpecahan antar sesama masyarakat," sampainya.


Sementara itu perwakilan BPPW Sumbar Resdiston Simatupang mengungkapkan di Nagari Batipuah Ateh dilaksanakan dua Program Pamsimas karena daerah ini memiliki sumber mata air yang sangat memadai. 


"Tentunya dengan dilaksanakan dua program ini menjadi berkah bagi masyarakat di Nagari Batipuah Ateh, sehingga diharapkan juga bisa menurunkan angka stunting di daerah ini. Ini juga didukung karena Pemkab Tanah Datar aktif untuk memperoleh program ini dan melaksanakan dengan baik, karena itu saya sampaikan apresiasi," ungkapnya.


Sitambahkannya, peran aktif itu, pemerintah provinsi khususnya BPPW Sumbar melihat bahwa itu wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terhadap kebutuhan masyarakatnya. 


"Program Pamsimas sudah semenjak 2008 lalu sampai 2022 dilaksanakan di berbagai wilayah di Kabupaten Tanah Datar. Dan tahun 2022 lalu, Pemkab Tanah Datar menjadi tiga besar penyumbang terbesar sambungan rumah di Sumbar melalui Pamsimas," jelasnya.


Pelaksanaan Program Pamsimas di Jorong Sawah di Ujuang Nagari Batipuah Ateh yang menelan dana Rp400 juta ini bersuber dari bantuan Kementerian, sampai Edi Martasena  Pokja PKP Tanah Datar. 


"Dengan bantuan tersebut, awalnya diperuntukan untuk 27 rumah, namun karena masyarakat begitu antusias maka secara swadaya masyarakat kemudian meningkat menjadi 64 rumah yang dialiri air bersih. Dan, setelah selesai masih dengan swadaya lagi bertambah 17 rumah lagi, sehingga total ada lebih kurang 81 rumah sudah menikmati air bersih di sini", pungkasnya.(***)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama