Pemko Bukittinggi Raih Predikat Terbaik Nasional Terkait Pemeriksaan Viral Load HIV


BUKITTINGGI, Integritasmedia. Com-
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mendapatkan predikat terbaik tingkat nasional, terkait pelayanan pemeriksaan viral load HIV.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Direktur HIV AIDS Kemenkes RI melalui pertemuan monitoring dan evaluasi viral load HIV Nasional di Tangerang, Jumat (17/2/2023) lalu.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar merasa bangga karena Kota Bukittinggi kembali meraih predikat terbaik tingkat nasional.

Penghargaan tersebut, kata Erman, tidak terlepas dari kerja sama lintas program dan lintas sektor terkait pelayanan pada HIV AIDS di Bukittinggi.

Kita berupaya bagaimana caranya warga Bukittinggi bebas dari HIV. Apapun akan kita lakukan, supaya warga kita terutama generasi muda tidak terjerumus dalam HIV AIDS," kata Erman, Senin (20/2/2023).

Erman menyampaikan, semua lini telah dikerahkan Pemko Bukittinggi untuk pencegahan dan penanganan HIV AIDS tersebut.

Terlebih, kata Erman, di Kota Bukittinggi juga terdapat rumah sakit rujukan HIV AIDS yaitu RS Achmad Mochtar.

"Terima kasih kepada RSAM sebagai rumah sakit rujukan HIV AIDS, lalu Puskesmas Rasimah Ahmad dan seluruh mitra dalam penjangkauan dan pendampingan pasien HIV," ungkap Erman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Linda Faroza mengatakan, HIV AIDS itu merupakan penyakit yang mengharuskan penderitanya mengonsumsi obat seumur hidup.

Untuk itu, kata Linda, perlu pelayanan berkesinambungan yang dilakukan kepada pasien secara rutin dan teratur.

Pemko Bukittinggi hadir memberikan perhatian dan dukungan pada penderita, agar pasien tidak merasa jenuh dalam menjalani pengobatannya," kata Linda.

Salah satu upaya Pemko Bukittinggi, kata Linda, dengan melibatkan seluruh lini terutama sektor kesehatan seperti di Puskesmas Rasimah Ahmad.

"Alhamdulillah dari penilaian di Puskesmas Rasimah Ahmad, kita mendapat prestasi terbaik tingkat nasional dalam pelayanan dan pemeriksaan Viralload HIV di Indonesia," pungkas Linda.(A) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama