Bupati Solok Hadiri Alek Mambadak Masjid di Nagari Salimpek

Arosuka, integritasmedia.com - BUPATI Solok, Epyardi Asda menghadiri kegiatan Alek Mambadak Masjid Tauhid, Jorong Taratak Baru, Nagari Salimpek, Minggu (19/2/23).


Turut mendampingi, Asisten II Sekda Kabupaten Solok, Deni Prihatni, Kepala Dinas Kominfo, Teta Midra, Kepala Dinas Kesehatan, Zulhendri, Camat Lembah Gumanti, Zulbakti, Walinagari Salimpek, Zulfikar, Walinagari Se-Kecamatan Lembah Gumanti, Tokoh-tokoh Agama dan Adat serta masyarakat Nagari Salimpek.


Alek Mambadak ini merupakan upacara adat di Nagari Salimpek dalam rangka pembersihan dan membangun Kembali Mesjid Tauhid Jorong Taratak Baru. Upacara adat diawali dengan resepsi pambaliak baban dari 4 Suku yang ada di Nagari Salimpek (Melayu, Chaniago, Panai dan Tanjuang), Selanjutnya dilakukan penyerahan Baban Bungo Siriah dari anak kemenakan Keempat Suku tersebut kepada pengurus Masjid.


Walinagari Salimpek, Zulfikar mengucapkan terimakasih Kepada Bapak Bupati Solok bersama Pemerintah Daerah yang telah mengakomodir setiap usulan yang kita berikan pada Musrenbang sehingga dapat terealisasi secara keseluruhan. Kami berharap kedepan akan banyak lagi Pembangunan yang diberikan di Nagari Salimpek ini.


Bupati Solok, Epyardi Asda dalam sambutannya mengatakan, semoga dengan kebersamaan kita semua bisa membangun dan membawa Nagari Salimpek ke Kejayaannya. Kegiatan Mambadak Masjid ini berarti kita memoles dan mempercantik Masjid agar menjadi lebih baik dan lebih indah sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi kita yang ada didalamnya.


”Hari ini saya juga hadir disini karena memiliki prinsip Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat, dan bagaimana bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh rakyat adalah hadir langsung di tengah-tengah masyarakat,” ujar Epyardi Asda.


Bupati juga turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat yang telah memberikan usulan-usulan yang dibutuhkan untuk pembangunan di Nagari Salimpek terkhususnya Jorong Taratak Baru.


Adapun beberaoa usulan masyarakat Nagari Salimpek yang ditampung Bupati Solok diantaranya Perbaikan Jembatan, atap, WC dan tempat berwudhu di SMPN 4 Lembah Gumanti, bantuan Untuk Pembangunan Mesjid Tauhid sebesar 10 Juta Rupiah, pembangunan gedung pustaka, penambahan WC dan tempat Berwudhu SDN 12 Salimpek.


Selanjutnya, lampu jalan dan arus listrik Jorong Salimpek, penyelesaian pembangunan jembatan utama menuju Jorong Sungai Talang, serta lanjutan pembukaan jalan Kubang Jantan ke Sibuah-buah.(tmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama