Payakumbuh, Integritasmedia . Com – Pemerintah Kota Payakumbuh dibawah komando Penjabat (Pj) Walikota Rida Ananda tidak pernah henti untuk menindaklanjuti atas arahan Presiden RI, Joko Widodo dalam penanganan Stunting, pencegahan inflasi dan mengentaskan kemiskinan ekstrim di daerah.

Dalam menjaga pengendalian inflasi, Pj. Walikota Rida Ananda telah banyak melakukan langkah konkrit melalui sinergitas Dinas pertanian, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Dinas Sosial dalam wadah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kota Payakumbuh.

Terlihat pada Jumat tanggal 17 Februari 2023, Orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu turun langsung serahkan bantuan berupa bibit cabe dan bantuan pupuk untuk kelompok PKH (program keluarga harapan) kelurahan Padang Sikabu, kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina).

Didampingi Asisten III bidang administrasi umum Ifon Satria, kepala dinas sosial Irwan Suwandi, Camat Latina Diki Engla, Lurah Padang Sikabu dan jajarannya, Pj. Walikota Payakumbuh serahkan bantuan kepada Lili (39) selaku pemilik lahan yang dikelola kelompok PKH kelurahan Padang Sikabu.

“Ini salah satu langkah penanganan inflasi di kota Payakumbuh. Atas kepedulian pemerintah daerah hari ini kita menyerahkan bantuan benih cabai untuk mengantisipasi kelangkaan sekaligus mempertahankan pasokan cabai di di kota Payakumbuh, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Rida.

Pj. Walikota itu turut sampaikan rasa syukurnya disela penyerahan bantuan tersebut. Alhamdulilah, meskipun tidak banyak, tapi semoga bantuan ini dapat membantu kita semua,” ungkap Rida semangat.

Kepada Lili, Rida menyampaikan jika nanti ada membutuhkan bantuan tambahan maka agar segera dapat mengoordinasikan dengan Camat, sehingga nanti bantuan yang diajukan ini dapat segera diproses dan warga bisa langsung mendapatkannya,” terang Pj. Walikota Payakumbuh itu.

Dalam kesempatan itu, Rida katakan jika di tahun 2023 Pemerinth kota Payakumbuh telah menganggarkan bantuan bibit untuk warga sebanyak 100 ribu batang yang dibagi penyalurannya dalam 4 (empat) termenung penyerahan.

Bantuan dengan jumlah sebanyak 200 batang bibit cabe dan 20 karung pupuk yang dikemas dalam kemasan 10 kilo itu akan ditanam dan disemai diatas lahan lebih kurang luas 5000 meter persegi.

“Alhamdulilah, kaki sangat senang bantuan ini dapat langsung diserahkan oleh bapak walikota kita,” ungkap Lili dengan bahagia yang turut didampingi pembina PKH kecamatan Latina Nanda Isza dan anggota PKH lainnya.

Melihat kondisi lahannya yang masih terbatas, Lili langsung sampaikan permohonan permintaan bantuannya kepada Pj. Walikota Payakumbuh itu.

“Lahan kami masih terbuka seperti ini pak, jadi kami berharap bapak bisa membantu untuk bisa sekalian memberikan bantuan pagar agar dapat terhindar dari hewan (ayam) liar masuk yang dapat merusak tanaman ini nantinya,” pinta Lili kepada Pj. Walikota Payakumbuh.

Tanpa pikir lama, Pj. Walikota itu langsung memberikan bantuan kepada Lili berupa uang tunai untuk membeli pagar jaring agar bisa menutupi akses lahan yang akan mereka (kelompok PKH kelurahan Padang Sikabu) kelola nantinya