Zul Elfian Minta Dukungan Semua Pihak, Agar Penyelesaian Stadion Marahadin dan JLU Kota Solok Cepat Terwujud

Kota Solok, integritasmedia.com - KEDATANGAN Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam peresmian Masjid Agung Dharmasraya, beberapa waktu lalu, tidak disia-siakan Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar. Pada kesempatan itu dimanfaatkannya untuk bertatap meminta dukungan Kementrian PUPR terhadap pembangunan di Kota Solok.


Jelang peresmian Masjid Agung Dharmasraya, Wako Solok bersama Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyambut kedatangan Mentri PUPR di salah satu lapangan sepakbola setempat. Mentri Basuki tiba di Dharmasraya menggunakan helikopter.


Usai prosesi penyambutan, Mentri PUPR bersama rombongan langsung melakukan kunjungan ke jembatan kabel di Sungai Dareh. Selesai kunjungan itu, Wako Solok bersama Bupati Dharmasraya menjamu Mentri Basuki makan bersama.


Di sela makan bersama mentri dan Bupati Dharmasraya, Wako Zul Elfian menyempatkan berbincang terkait program pembangunan infrastruktur di Kota Solok. Zul Elfian menyebut, masih terdapat sejumlah program pembangunan infrastruktur strategis di Kota Solok yang terkendala anggaran.


Pertama, kata Zul Elfian, proses pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) yang masih tersisa sepanjang 1,8 kilometer. Sebelumnya, proses pembangunan terkendala pembebasan lahan, dan saat ini sudah selesai.


“Mohon dukungan pak menteri untuk peningkatannya. Dari perencanaan, salah satu yang menelan anggaran cukup besar yakni pembangun Fly over. Jika nanti jalur KAI aktif, maka aktivitas di Jalan Lingkar Utara Kota Solok tidak terganggu,” terang Zul Elfian.


Selain pembangunan JLU, Wako Solok juga berharap dukungan pusat untuk pembangunan embung, normalisasi Batang Lembang. Tidak ketinggalan, Wako Solok juga menyampaikan kondisi pembangunan stadion satu-satunya di Kota Solok, yakni GOR Marahadin.


“Alhamdulillah, kemarin kami sudah menghadap Menpora, dan mendapat respon positif. Pak Zainudin Amali berjanji akan memberikan rekomendasi ke Kementerian PUPR. Untuk penyelesaian butuh anggaran sekitar Rp56 miliar lagi. Kami sangat berharap bisa selesai dan bisa menjadi tuan rumah Porprov tahun 2025 mendatang.


Merespon perbincangan itu, Mentri Basuki memberikan sinyal positif. Terutama soal pembangunan Jalan Lingkar Utara. Mentri Basuki mengarahkan Wako Solok dan tim kepada Kepala Balai Jalan, Syaputra A Gani untuk berdiskusi lebih banyak terkait mekanisme pengajuan bantuan.


Sebelumnya, Walikota Solok Zul Elfian Umar juga mendatangi Menteri Pemuda dan Olahraga RI meminta dukungan dana kelanjutan pembangunan stadion Marahadin di Laing.


Kedatangan Walikota Solok disambut langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali diruang kerjanya lantai 10 Jakarta Pusat.


Saat bertemu Menpora, Wako Solok menceritakan kondisi Stadion Marahadin yang saat ini dalam proses pembangunan dengan menggunakan dana dari APBD Kota Solok dan dana alokasi keuangan khusus dari APBD Provinsi Sumatera Barat.


“Saat ini, satu-satunya pemerintah daerah di Provinsi Sumatera Barat yang belum memiliki stadion hanya Kota Solok. Penyelesaian pembangunan Stadion Marahadin ini merupakan prioritas kita menjelang digelarnya Porprov Tahun 2025 nanti” kata Wako.


“Akan tetapi ditengah keterbatasan keuangan pembangunan Stadion Marahadin menjadi keterkenalan. Dengan dukungan dan rekomendasi Menteri Pemuda dan Olahraga, kami berharap Menteri PUPR mau mengucurkan dana untuk penyelesaian pembangunan Stadion Marahadin tersebut” tuturnya.


Sementara Menpora Zainudin Amali berjanji akan menindaklanjutinya ke Kemen PUPR. Menpora menegaskan akan mengawal hingga permohonan bantuan dana untuk penyelesaian pembangunan Stadion Marahadin disetujui.


“Membangun sebuah stadion jangan tanggung-tanggung. Bangun sekalian stadion bertaraf internasional yang bisa dimanfaatkan untuk semua even olahraga” kata Menpora.


“Pada saat ini semua kewenangan pembangunan fisik berada dibawah Kementerian PUPR termasuk sarana dan prasarana olahraga. Sedangkan kepemudaan berada dibawah Kemendikbud, tapi rekomendasi tetap berada dari Menpora. Kita akan kawal permohonan Walikota Solok ini” tambahnya.(rny/tmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama