Bupati Solok Tinjau Langsung Lokasi Banjir Bandang di Nagari Surian

Pantai Cermin Solok, integritasmedia.com - PASCA banjir bandang yang menerjang wilayah Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (21/3/23) kemarin. Sedikitnya 10 unit rumah warga dilaporkan rusak, termasuk fasilitas umum seperti jembatan dan lahan pertanian warga setempat.


Diberitakan sebelumnya, banjir bandang terjadi di aliran Sungai Limau Hantu, Jorong Ladang Padi, Nagari Surian. Sungai tersebut melewati Jorong Ladang Padi dan Jorong Dalam Koto. Curah hujan yang tinggi dari Selasa siang itu, telah  menyebabkan hulu sungai meluap. Dan membawa material kayu serta merusak pemukiman maupun lahan pertanian warga.


Menyikapi musibah itu, Bupati Solok dan rombongan meninjau Langsung Lokasi Banjir Bandang di Nagari Surian tersebut Jumat / 24 Maret 2023 di Nagari Surian.


Tampak hadir mendampingi Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar.  Anggota DPR RI Kominsi V, Athari Gauthi Ardi , Ketua TP PKK Kabupaten Solok,  Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP. Asisten I  Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD Camat Pantai Cermin, Acil Fasra, Walinagari Surian, Yusril, dan Masyarakat Setempat.


Dikesempatan kunjungan itu, Bupati Solok,  Capt. H. Epyardi Asda, M. Mar menyatakan. Saya turut prihatin,  kerena terjadinya banjir bandang ini, mudah mudahan dibalik musibah ini ada berkahnya. Kita Pemerintah Kabupaten Solok bersama dengan Ibu Athari,  akan melakukan normalisasi sungai  yang nantinya juga akan kita pasang batu rajut.


"Kemudian khusus untuk 4 unit rumah yang rusak berat, nantinya Ibu Athari akan memberikan program bedah rumah. Kita juga Pemkab Solok telah mengirimkan 3 unit excavator untuk membersihkan material material sisa banjir bandang ini," sebutnya.


Lalu kata Bupati, kepada masyarakat yang menjadi korban bencana banjir bandang ini. Bagi yang sakit semua pengobatannya gratis, dan ditanggung oleh Pemkab Solok. "Dan  kedepannya kita juga Pemerintah akan memberikan BPJS gratis,  kepada semua masyarakat terdampak banjir," cetusnya.


Dalam kunjungan Bupati Solok dan rombongan itu, juga menyerahka  bantuan-bantuan lain diantaranya.


Baznas menyerahkan bantuan berupa Sembako dan kebutuhan sehari hari.  Dan PKK Kabupaten Solok menyerahlan bantuan berupa sejumlah uang tunai dan sembako.(tmyrn)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama