Melalui Festival Permainan Tradisional, Pemkab Tanah Datar Terus Perkuat Perlindungan OPK

Tanah Datar, integritasmedia.com - PARTISIPASI masyarakat adalah syarat mutlak dalam upaya pemajuan kebudayaan nasional, yang terwujud dalam empat langkah strategis, yaitu pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan, yang bertujuan untuk memperkuat unsur-unsur dalam ekosistem kebudayaan, sementara pembinaan bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam ekosistem kebudayaan.


Untuk itu, dalam rangka perlindungan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) di Kabupaten Tanah Datar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Tanah Datar didukung oleh Emersia Hotel Batusangkar melaksanakan Festival Permainan Tradisional Cak Bur Tingkat SD se-Kabupaten Tanah Datar beberapa hari lalu.


Saat itu, Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan bahwa di Bumi Minangkabau ini memiliki banyak permainan tradisional yang diwariskan secara turun temurun, salah satunya permainan tradisional Cak Bur. "Permainan Cak Bur termasuk dalam perlindungan OPK, ini patut kita dukung untuk melestarikan permainan tradisional yang diwariskan secara turun temurun di Minangkabau," ucapnya. 


Pemerintah Daerah terus mendukung permainan tradisional Cak Bur. Ini bisa menggema kembali sebagai olahraga rekreasi populer yang didalamnya memiliki nilai filosofi diantaranya kebersamaan, dan kerjasama serta semangat gotong royong yang patut dilestarikan, sesuai amanat Undang-undang RI nomor 5 tahun 2007 tentang Pemajuan Kebudayaan, ungkap Wabup Richi yang juga menjabat sebagai Ketua KORMI Tanah Datar.

"Permainan tradisional Cak Bur dan lainnya patut untuk dilestarikan agar tidak tergerus zaman. Tanah Datar adalah pusek jalo punpunan ikan dengan beragam permainan tradisional, untuk itu mari kita munculkan kembali permainan tradisional," ajaknya.


Diakhir arahannya, Wabup Richi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah berhasil menggelar festival permainan tradisional ini, dengan permainan Cak Bur ini diharapkan dapat menghindarkan anak-anak dari pengaruh negatif gadjet dan dapat dijadikan permainan rutin bahkan dapat untuk mensukseskan program unggulan satu nagari satu ivent, harapnya mengakhiri.(ain)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama