Pemko Solok Akan Perketat Pengelolaan Aset Daerah Yang Ada

Solok, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Solok akan membenahi kelemahan dan kekurangan dalam pengelolaan aset daerah, dan mempercepat penyelesaian permasalahan yang dihadapi daerah. 


"Seluruh OPD harus memahami pentingnya upaya dalam menginventarisir semua permasalahan aset pemerintah daerah yang sampai saat ini masih terjadi," ujar Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra (7/3/23).


Ia menjelaskan, program-program atau indikator yang harus dipenuhi masing-masing OPD terkait dalam pencegahan korupsi terintragsi. “ini akan kita evaluasi sejauh mana kinerjanya, bagaimana kemajuannya,” tambahnya.


Beberapa hal yang menjadi perhatian Ramadhani diantaranya penataan aset Pemerintah Daerah, tanah-tanah Fasum, penataan ulang pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya, validasi data pedagang yang direlokasi, tindaklanjut titik-titik parkir liar.


"Amankan aset-aset pemerintah kota seperti tanah-tanah fasum, beri tanda. Jika perlu pelihara dan manfaatkan untuk penghijauan," ujarnya.


Tak hanya itu, Ia juga mengingatkan dalam mempercepat Rencana Pembangunan Jangka Menengah  Daerah (RPJMD) Kota Solok, pekerjaan yang dilakukan harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, maka perangkat daerah diharapkan untuk dapat mengawal pelaksanaan kegiatan di bidang masing-masing.


Serta memberikan pelaporan capaian kinerja yang telah digariskan pada empat pilar pembangunan salah satunya penyelengaraan pemerinthan yang baik.


"Pelaksanaan kegiatan di perangkat daerah untuk dapat dimonitoring dan dievaluasi setiap bulan melalui rapat-rapat dinas, serta melaporkan kepada pimpinan sehingga pencapaian strategi pelaksanan kegiatan serta realisasi anggaran dapat diketahui sejauah mna pencapain kinerja," katanya.


Tahun 2022 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026. Dalam upaya pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kota Solok Terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, Maju dan Sejahtera melalui Pengembangan Sektor Perdagangan dan Jasa yang Modern.


Beberapa strategi yang perlu dicermati dalam rangka mendongkrak pembangunan daerah adalah melalui pengembangan perekonomian daerah, membangun sektor-sektor unggul, serta mengoptimalkan sumberdaya lokal.


"Untuk itu diperlukan pemikiran dan pemahaman yang positif dalam membangun konsep dan strategi pembangunan secara lebih terarah, terpadu, serta bersinergi antar sektor," pungkasnya.(tmyr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama