Dua Tim Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi Wakili Sumatera Barat Dalam KOSSMI Tahun 2023 Secara Nasional

 

Bukittinggi, Integritasmedia. com-MAN 1 Kota Bukittinggi terus berkarya, kali ini dua tim robotik MAN 1 Kota Bukittinggi wakili Sumatera Barat dalam KOSSMI ( Kompetisi Sain Siswa Muslim Indonesia ) tahun 2023 secara nasional.

Pengumuman ini disampaikan secara online, melalui akun resmi Kossmiofficial pada hari Jum’at, 28 April 2023. Untuk selanjutnya kedua tim akan bertanding dibabak final yang akan di laksanakan di Jakarta, 18 Mei 2023 mendatangi

Perjalanan panjang sampai kepada babak final ini cukup melelahkan tapi akhirnya kedua tim bisa merebut hati dewan juri dalam babak presentase yang dilaksanakan secara zoom, 12 April 2023 kemaren.

Dua tim Manangkabau robotik tersebut adalah : tim pertama dengan anggota Muhammad Ghufran Nur Ramadhan dan Silfi Alfa Hidayat yang mengusung tema Robot Kampung Tekhnologi. Selanjutnya tim kedua dengan anggota Nayla Maylida Ar Rumi dan Fauzatun Najwa yang mengusung tema “Robot RPP” ( robot rumah pindah-pindah ).

Hasil nilai presentasi kedua tim tersebut sangat memuaskan dimana mereka berada pada peringkat 3 dan 5 dari 20 tim yang masuk ke babak Final dengan nilai 95,10 untuk Tim Gufran dan Silfi serta nilai 94.65 untuk Tim Nayla dan Najwa.

Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) Tahun 2023 diselenggarakan oleh Abak Academy Artificial Intelligence Centre Indonesia bekerja sama dengan FMIPA Universitas Indonesia dan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) ini sudah melakukan penyaringan peserta pada babak semi final secara offline dengan pengiriman vidio presentase, dilanjutkan dengan presentase serta tanya jawab oleh juri melalui zoom meeting.

Erria Nanda Utama selaku guru pembina dan pelatih ekstrakurikuler robotik MAN 1 Kota Bukittinggi merasa bersyukur dengan capaian ini. “Para peserta yang lolos adalah mereka yang mendaftar dan mengikuti seleksi berdasarkan persyaratan administrasi, presentasi dan kemampuan robot dalam menjalankan misi melalui vidio yang dikirim, presentasi serta tanya jawab secara zoom, itu sudah dilalui tim dengan persiapan yang matang”.

Ditempat yang sama, Zulkhairi pelatih Ekstrakurikuler Robotik menyampaikan bahwa, Tim Minangkabu Robotik ini terdiri dari Tim yang luar biasa, mereka mau mengorbankan waktu libur dan bermain mereka dengan terus belajar dan belajar menyempurnakan robot yang mereka rancang. “Trimakasih kepada orang tua wali murid siswa robotik yang sudah mengizinkan putra putri kesayangan mereka menghabiskan waktu libur di Markas Robotik”, ungkapnya.

Drs. Isyad, M.Pd, kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, mengucapkan selamat kepada dua tim minangkabau robotik yang lolos masuk kebabak final Kossmi tahun 2023, “ini kali pertama MAN 1 Kota Bukittinggi melaju ke babak final dan semoga bisa menjadi yang terbaik”, katanya. Tidak lupa Irsyad mengucapkan trimakasih dan selamat kepada bapak ibu pembina dan pelatih ekstrakurikuler robotik yang terus berkarya tanpa henti menyalurkan bakat siswa dibidang robotik dibawah bimbingan waka kesiswaan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama