Memaknai Refleksi ke-110 Usia Pemkab Solok, "Tumbuh, Bangkit dan Bersinar Bak Bidadari Sedang Bersolet"

Arosuka Solok, integritasmedia.com - WALAU dalam suasana bulan suci Ramdhan, momentum puncak peringatan hari jadi Kabupaten Solok ke- 110  ditandai dengan pelaksanaan sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Solok. Paripurna Istimewa Berlangsun Semarak dan hikmat, bertempat di ruang utama DPRD, Sabtu (9/4/23).


Momentum kelangsungan acara dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra, dihadii langsung  Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar, Sekda Kab Solok Medison. Wakil Ketua DPRD Kab Solok, Invoni Munir, Anggota DPRD Kab Solok, Tokoh Masyarakat Kab Solok, Mantan Mendagri Gamawan Fauzi,  Ketua DPRD Se Sumatera Barat. 


Juga tampak hadir para Bupati/ Walikota se Sumatera Barat, Unsur Forkopimda, Sekretaris Dewan DPRD Kab Solok  Zaitul Ikhlas, Ketua TP PKK Kabupaten Solok  Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda. Ketua Organisasi Wanita Se Kab Solok, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Solok, Walinagari se Kabupaten Solok, dan  Tamu Undangan Lainnya.


Ketua DPRD Kab Solok,  Dodi Hendra dalam sambutanya menyampaikan. Kami atas nama Ketua dan Pimpinan DPRD Kabupaten Solok. Mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para tamu undangan karena telah hadir pada Rapat Paripurna HUT Kab Solok ke 110 ini. 


Dodi Hendra menyatakan, memaknai HUT ke 110 usia Kabupaten Solok Sumbar yang berdiri sejak tanggal 9 April 1913 lalu. Meski sudah lebih dari satu abad usia Kabupaten Solok, yang  sampai tahun 2023 ini, sudah 110 usia daerah itu. Memaknai Refleksi ke-110  Usia Pemkab Solok, "Tumbuh,  Bangkit dan Bersinar Bak Bidadari Sedang Bersolet".


Namun diakui atau tidak  memang menjadi beban berat yang dialami hampir semua kepala daerah itu dalam menjalankan tatanan  roda pemerintahan di daerah itu. Termasuk juga bagi dued pasangan  Bupati  Solok sekarang Epyardi Asda-Jon Firman Pandu sebagai wakilnya. 


Namun dalam menjalankan tatanan penerintahan di Pemkab Solok sekarang, Dued pasangan Bupati Solok Asda-Pandu, mencoba dengan tegas kedepanan Visi dan misi "Yakni “Mambangkik Batang Tarandam, Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat. 


Dimana dalam salah satu misinya,  adalah membangkitkan serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembangunan berbagai infra Struktur, sektor pertanian, UMKM , Perdagangan dan Pariwisata, meningkatkan pembagunan disektor pendidikan, dan yang menjadi terdepan membingkai tatanan pemerintahan yang (good local governance) bersih, jujur transparan, yang berprikeadilan sesuai dengan filsapah adat Minang Kabau, adat basandi syara', syara' basandi kitabullah.


Kalau kita berkaca terhadap  terobosan apa yang telah beliau telorkan, seiring berjalanya waktu secara kasat mata. Diakui atau tidak, telah  memberikan bukti nyata pada masyarakatnya, walau dalam penataan pembangunan, diakui belum semua  bisa terpenuhi.


Namun dari itikat baiknya untuk membangun Kabupaten Solok sebagai kampung halamanya,  dengan niat tulus dan ikhlas. Bupati  Solok Epyardi Asda dengan secara perlahan bakal tetap mewujudkan  visi – misi yang beliau tuangkan dan telah Ia programkan. Walau Banyak Badai dan menerjang, Tidak Menyurutkan Niat Tulus Bupati Solok Dalam Membangun Daerah itu.


Untuk itu papar Dodi, melalui hari jadi Kabupaten Solok ke 100 tahun ini, mari kita jadikan sarana untuk saling mengingatkan kepercayaan saling asah, asih dan asuh dalam suau bingkai demi kemajuan dan perkembangan daerah ini. "Mari kita bersama mendukung dibawah kepemimpinan Bupati Bapak Epyardi Asda Kabupaten Solok mengusung program Mambangkik Batang Tarandam, Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat," harap Dodi Hendra.


Selanjutnya mari kita jadikan momentum Hari Jadi ini, untuk mengukur dan mengevaluasi Sampai sejauh mana perkembangan serta perubahan dan kilas balik Kabupaten Solok dari masa ke masa. Dan kita juga harus meningkatkan komitmen agar selalu memberikan karya terbaik untuk Kabupaten Solok.


Melalui tema “Solok Bangkit Menjadi Yang Terbaik“ Pemerintah Kabupaten Solok bertekad mengembalikan kejayaan Solok dan menjadi terbaik di sumatera barat. "Untuk itu kita di tuntut semua pemabgku jabatan, untuk selalu berdampingan seayun selangkah saciok bak ayam, antara legislatif dan eksekutif guna mewujudkan Kabupaten Solok maju, jaya dan terbaik serta pertumbuhan madyarakat sejahtra dari semua lini," tutur Dodi.


Selanjutnya, selaku Ketua DPRD dan  mewakili segenap anggota yang ada. Kami mengucapkan selamat HUT Kabupaten Solok ke-110 tahun 2023 ini. "Semoga dibawah dued kepemimpinan Asda-Pandu, sesuai tema yang diusung. Kabupaten Solok semakin maju, jaya, dan masyarakat semakin sejahtra kedepanya," papar Ketua DPRD Dodi Hendra.


Senada dengan itu, tokoh Masyarakat Kab Solok  yang juga mantan Medagri, Gamawan Fauzi dalam sambutanya menyampaikan. Hari ini akan menjadi catatan baru bagi Kabupaten Solok. Karena pada hari ini seluruh rakyat tahu dan  memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Solok ke 110. Dimana seluruh unsur, seluruh lapisan masyarakat, seluruh stakeholder ikut merayakan dan sukacita di hari yang berbahagia ini.


Sebenarnya menurut dia, umur 110 tahun merupakan umur yang sudah matang. Maka dari itu, mari kita jadikan hari ini sebagai momentum untuk membangkitkan kembali kejayaan Kabupaten Solok. Yang sudah lama tenggelam,  dan mari kita bangkit demi kejayaan dan   menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat.


Saya mewakili seluruh tokoh dan pembesar negri ini meyakini, dibawah kepemimpinan Bupati Solok Asda-Pandu, yang mengusung Visi dan misi "Yakni “Mambangkik Batang Tarandam, Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat. 


Dari Niat Tulus Bupati Solok dalam Membangun Daerah ini, dengan kekuatan Solok Super Team yang Solid, diyakini akan mampu diwujudkan. Mari kita bersama mendukung." Untuk itu, mari kita di pemerintah Kabupaten Solok untuk saling bersinergi dengan semua pihak. Hal itu guna mewujudkan tema Solok Bangkit, Menjadi Yang Terbaik,"ujar Gamawan Fauzi.


Dikesempatan itu, Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar menyatakan. Alhamdulillah pada siang ini kita hadir dalam rangka merayakan hari ulang tahun Kabupaten Solok yang ke 110 ini.


Pada hari ini 9 April 2023, tepat Kabupaten Solok berumur 110 tahun, mudah-mudahan dengan umur yang dewasa ini Kabupaten Solok kedepannya akan semakin maju lagi hendaknya. Saya berharap kepada pemangku jabatan dapat melaksanakan tugas sesuai tupoksinya masing- masing.  Sehingga kabupaten solok akan maju kedepannya," ucap Bupati Solok.


Dikatakan dia, sebagai eksekutif kami serius untuk mendengarkan apa apa saja kebutuhan rakyat. Karena kami menganut prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat sehingga setiap anggaran yang di berikan tepat sasaran.


"Bupati berharap, mari eksekutif dan legislatif harus seiring dan sejalan. Demi terciptanya suasana kedamaian sehingga apa yang di cita -citakan mambangkik batang tarandam menjadikan Kab Solok terbaik di Sumatera Barat akan terwujud. Kami yakin dengan bersama kita pasti bisa”, ucap bupati Solok. 


Pemerintah Kabupaten Solok kini telah melakukan berbagai terobosan di berbagai sektor, dan itu semua tidak lepas dari kinerja kita Semua, Solok Super Tim.  "Mudah - mudahan Kabupaten Solok dapat bangkit dan menjadi yang terbaik," cetus Bupati Solok.


Dari pemikiran Epyardi Asda, agar daerah Kabupaten  Solok maju disegala aspek pembangunan. Tidak ada pilihan lain kecuali mempersiapkan seluruh potensi yang ada untuk bersaing. Hal itu agar terwujudnya segala aspek pembangunan di jajaran Pemerintahan Kabupaten  Solok. Yang kuat maju dan berkembang,   serta tercipta ekonomi masyarakatnya yang sejahtera.


Menurut Epyardi Asda, tentu tidaklah gampang dalam mewujudkan semua itu, dan sangat perlu kerja keras dan keterpaduan dengan semua SKPD dan stakeholder yang ada di jajaran Pemerintah Kabupaten Solok tanpa terkecuali. Dan sinergi dengan berbagai kalangan masyarakat dan berbagai kesatuan Organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Solok. Beliau meyakini, secara perlahan namun pasti, kesemua itu tentunya bakal dapat diwujudkan dengan secara maksimal.


Trobosan demi Trobosan serta inovasi yang diciptakan, dituangkanya dalam bentuk Visi dan Misi Pemerintahan Kabupaten Solok, tidak lain adalah demi terciptanya pembangunan yang merata dan maju di daerah penghasil beras itu. "Dengan  tujuan agar hasilnya bakal berdampak pada kehidupan  masyarakat yang sejahtra,  dan terhindar dari semua belenggu ketertinggalan dan kemiskinan," paparnya.


Bupati Solok Epyardi Asda menjelaskan dalam perjalanan panjang  melaksanakan pembangunan Kabupaten Solok, Menurutnya ke depan masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk meraih masa depan Kab. Solok yang lebih baik lagi. Karena dalam perjalanan panjang sebuah daerah diakuinya,  penuh dengan romantika dan dinamika sejarah," ujarnya.


Rasa cinta dan bangga terhadap daerahnya, Epyardi Asda manifestasikan melalui penetapan Visi Daerah yaitu "Mambangkik Batang Tarandam” yang bermakna untuk mengembalikan marwah Kabupaten Solok, yang cukup tenggelam setelah beberapa tahun terakhir  "Untuk itu pihaknya menghimbau pada semua elemen dan masyarakat Kabupaten Solok harus bersama Bersatu, Bangkit dan Tumbuh," ujarnya.


Epyardi Asda menyatakan, berkat Kerja Sama Solok Super Team Yang Solid, Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Solok Menggeliat dan Kemiskinan Menurun. "Hal ini berdasarkan data resmi Badan Pusat Statistik (BPS). Tentu bukan hal yang mudah bagi Kepala Daerah untuk mencapainya. Butuh tim yang tangguh dan komitmen yang tegas," ujar Bupati Solok.


Menurut Epyardi Asda, diakui atau tidak. Dari berbagai rentetan program yang telah ditancapkan. Itu semua biarlah masyarakat yang menilainya. Sebagai Bupati Solok, semua aspek pembangunan di Kabupaten Solok ini diupayakan akan merata di seluruh Kabupaten Solok. (Bersama Solok Super Team), Karna saya memiliki prinsip, “Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat”, setiap sen duit rakyat akan kami berikan kepada masyarakat untuk pembangunan di Kabupaten Solok ini," cetusnya.(rnt)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama