Pagelaran Alek Nagari Kacang, Sambut Pulang Basamo Perantau

Arosuka Solok, integritasnedia.com - MASYARAKAT Nagari Kacang, Kabupaten Solok menggelar alek nagari menyambut Pulang Basamo para perantau, Senin (24/4/23). Alek di lapangan Kantor Wali Nagari Kacang itu dihadiri Bupati Solok, H. Epyardi Asda dan anggota DPR, Athari Gauthi Ardi.


Wali Nagari Kacang Andrian Rajo Batuah, mengatakan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk bisa menjalin kembali silaturahmi yang erat karena dengan ini pembangunan di segala sisi di Nagari Kacang akan terlaksana dengan baik.


Andrian mengatakan kebersamaan dan kekompakan antara para perantau dan masyarakat di Nagari Kacang sangat diharapkan untuk kemajuan dan pembangunan nagari agar semakin maju. "Saya berharap melalui kegiatan ini masyarakat bersama sama membangun Nagari Kacang tercinta," katanya.


Lalu, ia mengatakan pada tahun 2022 lalu, Nagari Kacang telah mengusulkan program perpanjangan tiang listrik dari Jorong Pisang ke Nagari Bukit Kanduang ke bupati Solok.


"Alhamdulillah pada tahun ini kita telah menekan kontrak dengan PLN Kabupaten Solok dan akan segera dibangun. Selain itu, ada enam kegiatan lagi yang akan kita laksanakan di Nagari Kacang," tukasnya.


Kemudian, ia juga mengusulkan ke bupati Solok untuk melakukan pengerasan jalan yang dibuka oleh ekskavator sepanjang 6 kilometer dari simpang Kayu Pangkat menuju Rimbo Taji.


Ketua IKKA Pusat, Fauzi Ella Silano mengatakan, Alek nagari bertajuk Rang Kacang Badunsanak menjadi momen dalam bertukar pikiran dalam membangun nagari. Perlu ada sinergitas antara ranah dan rantau untuk memajukan kampung halaman.


"Semoga pulang basamo tahun ini menjadi tonggak sejarah bagi kemajuan antara rantau dan Nagari Kacang untuk pembangunan dan kemajuan nagari. Ini merupakan program kerja IKKA setiap tiga tahun sekali,” katanya.


Sementara itu, Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan acara pulang basamo merupakan hal yang lumrah dilaksanakan di Kabupaten Solok, karena hampir setiap tahun para perantau pulang ke kampung halaman.


"Acara pulang basamo ini juga bertujuan untuk saling menukar pikiran guna pembangunan di nagari kita masing-masing,"katanya. Ia juga meminta bantuan kepada para perantau Kabupaten Solok untuk membantu membangun Nagari Kacang di Kabupaten Solok, karena pembangunan di Kabupaten Solok ini tidak cukup hanya dengan mengandalkan APBD Kabupaten Solok.


"Insya Allah usulan dari setiap nagari itu akan saya perjuangkan dengan sungguh-sungguh, karena saya menganut prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat, setiap sen duit rakyat akan saya berikan kembali kepada rakyat guna melakukan pembangunan," katanya.


Epyardi Asda mengatakan usulan-usulan tersebut akan menjadi acuan bagi Pemda untuk memberikan APBD guna pembangunan di setiap nagari.


Anggota DPR RI Komisi V, Athari Gauthi Ardi mengharapkan sinergi antara perantau dan masyarakat akan semakin mempercepat pembangunan nagari. Athari juga berkomitmen untuk mengalokasikan program bernilai ratusan miliar rupiah untuk Kabupaten Solok.


"Saya dari pusat bersama dengan Bapak Bupati akan terus memperjuangakan Kabupaten Solok agar pembangunan di kabupaten solok ini makin banyak. Semoga bisa mengangkat Kabupaten Solok menjadi lebih baik,” terangnya.(tm)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama