Puncak Hari Jadi Kabupaten Solok ke-110, Ditandai Dengan Paripurna DPRD Berlangsung Kondusif dan Tertib

Arosuka Solok, integritasmedia.com - MEMAKNAI HUT ke 110 usia Kabupaten Solok Sumbar yang berdiri sejak tanggal 9 April 1913 lalu. Meski sudah lebih dari satu abad usia Kabupaten Solok, yang  sampai tahun 2023 ini, sudah 110 usia daerah itu. 


Namun diakui atau tidak  memang menjadi beban berat yang dialami hampir semua kepala daerah itu dalam menjalankan tatanan  roda pemerintahan di daerah itu. termasuk juga bagi dued pasangan  Bupati  Solok sekarang Epyardi Asda-Jon Firman Pandu sebagai wakilnya. 


Namun dalam menjalankan tatanan penerintahan di Pemkab Solok sekarang, Dued pasangan Bupati Solok Asda-Pandu, coba kedepanan Visi dan misi "Yakni “Mambangkik Batang Tarandam, Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat. 


Dimana dalam salah satu misi Bupati Solok  adalah Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian, UMKM, Perdagangan dan Pariwisata,  Namun, Walau Banyak Badai dan menerjang, Tidak Menyurutkan Niat Tulus Bupati Solok Dalam Membangun Daerah itu.


Momentum puncak peringatan hari jadi Kabupaten Solok ke- 110  itu, ditandai dengan pelaksanaan sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Solok di ruang utama DPRD setempat, Munggu (9/4/23).


Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra didampingi Wakil Ketua Ivoni Munir. Yang dihadiri langsung Bupati Solok Epyardi Asda. Angota DPRD, Ketua TP-PKK Kab Splok.Mantan Mentri Dalam Negri Gamawan Fauzi,  Kepala OPD, Forkompinda Kabupaten Solok, Bupati dan Walikota Se Sumatra Barat. Angota DPRD Propinsi Sumbar, BUMN, Camat se Kab Solok, Walinagari Se Kab Solok.  BUMD, Ninik Mamak, Bundo Kandung, Ormas dan undangan lainya.


Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra mengatakan, Rapat Paripurna ini. Merupakan Rapat Paripurna HUT Kabupaten Solok ke 110 tahun 2023 ini. Adalah untuk yang kedua dalam masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang sekarang. 


"Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok, dan seluruh anggota yang ada. Bakal mendukung sang Kepala daerah, (Bupati-Wakil Bupati), dalam menjalankaan segala aspek pembangunan. Sesuai program yang telah diagendakan, dalam mewujudkan visi misi Membangkik Batang Tarandam,"  ujar Dodi Hendra.


"Mari kita semua seayun selangkah, saciok bak ayam, sadanciang bak basi, mari kita hilangkan semua perbedaan demi kemajuan Pemerintah Kabupaten Solok Kedepanya," ajak Dodi Hendra lagi.


Mudah-mudahan, kegiatan ini dijadikan sebagai sarana untuk saling mengingatkan dan saling menasehati. Demi mewujudkan Kabupaten Solok yang madani," kata Dodi Hendra.


Kegiatan ini kata Dodi Hendra, hendaknya juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk memantapkan komitmen kita bersama. "Dalam menjalankan roda pemerintahan. Guna memajukan Kabupaten Solok yang terbaik kedepannya," cetusnya.


Tokoh Masyarakat Kab Solok  Gamawan Fauzi dalam sambutanya menyampaikan. Hari ini akan menjadi catatan baru bagi Kabupaten Solok. Karena pada hari ini kita memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Solok ke 110, dimana seluruh unsur, seluruh lapisan masyarakat, seluruh stakeholder ikut merayakan dan sukacita di hari yang berbahagia ini.


Menurut dia, umur yang 110 tahun merupakan umur yang sudah matang. Maka dari itu jadikan hari ini sebagai momentum untuk membangkitkan kembali kejayaan Kabupaten Solok dan menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat.


"Untuk itu, mari kita di pemerintah Kabupaten Solok untuk saling bersinergi dengan semua pihak. Hal itu guna mewujudkan tema Solok Bangkit, Menjadi Yang Terbaik," ujar Gamawan Fauzi.


Dikesempatan itu,  Bupati Solok Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Lelo menyatakan, dari sejumlah terobosan yang dilakukannya, adalah demi citra dan kemajuan Pemkab Solok kedepanya. 


Epyardi mengungkapkan,  sejumlah terobosan yang dilakukannya untuk masyarakat. “Kami juga telah melakukan terobosan kami sudah memberdayakan Beras Solok dan kami sudah melakukan proses pemilahan demi Beras Solok bisa dipasarkan ke daerah luar,” tuturnya.


Selain itu dijelaskan Epyardi Asda, Pemrintah Kabupaten Solok telah meluncurkan program ekskavator untuk daerah yang ada di Kab Solok. Dan sudah berjalan dengan baik, walau belum semua daerah di daerah ini kebagian.  


Karena itu dilakukan karena banyak permintaan masyarakat, dan insya allah perlahan bakal terpenuhi untuk pemakaian alat berat itu. "Tak hanya itu, dalam anggaran berbasis kebutuhan masyarakat, ia juga menganggarkan miliaran untuk setiap nagari," katanya.


“Dari pemikiranya, pihaknya ingin satu sen uang rakyat, harus dirasakan untuk rakyat. Jadi Insyaallah di bawah kepemimpinan kami ini, berkat peran kita semua, Kabupaten Solok akan lebih baik dan lebih maju ke depannya,” harapnya.


Dan hasilnya, diakui atau tidak, semangat dan totalitas pemerintah serta masyarakat selalu berpacu mengejar kemajuan dari ketertinggalan. Dan hasilnya semakin mengkristal, terasa dan semakin dinikmati oleh masyarakat di daerah itu. 


Tentunya kata dia, untuk mengejar kesemua itu menurut dia,  harus didukung oleh seluruh Anggota Komisi yang ada di DPRD Kabupaten Solok, partisipasi masyarakat melalui wadah forum komunikasi tungku tigo sajarangan, tali tigo sapilin yang terdiri dari Alim Ulama, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, Pemuda, Bundo Kanduang, dan lain-lainya. 


"Dan dalam pengambilan keputusan dengan asas musyawarah mufakat, sehingga kecil kemungkinan tidak ada komponen masyarakat merasa tertinggalkan dan merasa dirugikan,” tutupnya.


"Maka melalui momentum rapat paripurna istimewa, peringatan hari jadi 110 tahun 2023  ini. Mari kita jadikan diri kita masing masing untuk lebih mawas diri untuk menuju ke arah yang lebih baik demi kemajuan Kabupaten Solok. Mari kita maknai puncak Hari Jadi Kabupaten Solok ke-110 ini, Sebagai Kilas Balik Kemajuan Kabupaten Solok selama ini,” tuturnya.


“Saya berharap kepada pemangku jabatan dapat melaksanakan tugas sesuai tupoksinya masing-masing. Sehingga Kabupaten Solok akan maju ke depannya. Sebagai eksekutif kami serius untuk mendengarkan apa-apa saja kebutuhan rakyat, karena kami menganut prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat,” papar Epyardi Asda.


Lebih lanjut disampaikannya, eksekutif dan legistatif harus seiring dan sejalan demi terciptanya suasana kedamaian. Sehingga apa yang dicita citakan dalam mambangkik batang tarandam menjadikan Kabupaten  Solok terbaik di Sumatera Barat akan terwujud.


Epyardi menyampaikan harapan,  di umur 110 tahun Kabupaten Solok dapat semakin maju. "Para pemimpin dapat menjalankan tugas sesuai fungsinya. Dan mari kita hilangkan semua perbedaan selama ini, mari kita bersama mewijudkan pembagunan dan kita ujudkan  kehendak rakyat Kabupaten Solok secara bersama," pintanya.(rtmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama