Sukseskan Peringatan HLUN ke-27 Tahun 2023, Bhabinkamtibmas Polsek Koto Baru Bantu Pengamanan Penyaluran Bantuan bagi Lansia di Nagari Padukuan

Kegiatn penyaluran bantuan bagi lansia di Nagari Padukuan

Dharmasraya, integritasmedia,com - DALAM rangka persiapan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 tahun 2023, Polres Dharmasraya melalui Polsek Koto Baru, Bhabinkamtibmas Nagari Padukuan Brigadir Rahmad Afrialdi ikut berperan aktif dan berpatisipasi untuk mensukseskannya, melalui giat monitoring dan pengamanan pembagian bantuan sandang, pangan dan obat-obatan di Nagari Padukuan.

    

Selain Brigadir Rahmad Afrialdi, kegiatan yang diadakan Sabtu (27/5/23), di Kantor Wali Nagari Padukuan, Kecamatan Koto Salak, tersebut dihadiri oleh Kepala Sentra Terpadu Kartini Kemensos RI Drs. Iyan Kusmadiana, Mps.sp beserta Staf, Wali Nagari Padukuan SICE, S.Sos berserta staf, Kepala Jorong se-Nagari Padukuan, dan masyarakat lansia penerima bantuan.


“Masyarakat lansia yang menerima bantuan ini berjumlah sebanyak 133 orang, dengan rincian 5 orang akan menerima di Nagari Koto Salak, dan 20 orang akan menerima di Nagari Pulau Mainan pada Senin tanggal 29 Mei 2023 pada kegiatan memperingati HLUN”, ungkap Rahmad Afrialdi. 


Ditambahkan Rahmat, HLUN ini diperingati setiap tanggal 29 Mei yang merupakan hari dimana pemerintah mengapresiasi dan penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting lansia Indonesia dalam kiprahnya mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. Dan HLUN ini, serentak diperingati di seluruh Indonesia. 


“Kementerian Sosial Republik Indonesia telah menetapkan Kabupaten Dharmasraya, sebagai lokasi puncak peringatan HLUN yang bakal digelar pada 29 Mei 2023. Dan melalui kegiatan ini diharapkan mampu mengangkat derajat lansia sebagai potensi negara dan bukan sebagai beban. Selain itu, momen peringatan HLUN juga diharapkan mampu menjadi pengingat bahwa negara dan masyarakat Indonesia hadir memberikan perhatian kepada lanjut usia yang dalam beberapa kasus termarginalkan”, pungkas Rahmad.


Kepala Sentra Terpadu Kartini Kemensos RI Drs. Iyan Kusmadiana, Mps.sp pada kesempatan tersebut menyelaskan, acara puncak HLUN akan mengusung tema 'Lewat Terawat, Indonesia Bermanfaat'. Dan terpilihnya Dharmasraya sebagai lokasi puncak perintan pada tahun ini lantaran tingginya angka pernikahan siri di kabupaten tersebut.


Diterangkannya lagi, direncanakan Mentri Sosial akan langsung menghadiri kegiatan puncak di Dharmasraya ini. Ibuk Menteri akan menyapa lansia di 11 kecamatan melalui teleconference yang terhubung di lokasi utama di Pulau Punjung.


Sementara itu dikesempatan terspisah Kapolsek Koto Baru AKP Hendriza, SH kepada integritasmedia mengatakan, “Betul Dharmasraya telah ditetapkan sebagai lokasi peringatan puncak HLUN secara Nasional, dan sampai saat ini Kemensos telah menurunkan segenap unit teknis untuk bersama-sama merayakan HLUN di 11 kecamatan, dan satu titik acara puncak di ibu kota Kabupaten Dharmasraya”, terang Kapolsek.


"Rangkaian HLUN sudah dimulai pada awal bulan Mei lalu, di antaranya adalah asesmen komprehensif untuk menemu-kenali masalah dan potensi yang dimiliki lansia di Dharmasraya. Disini, segenap personil Polres Dharmasraya telah berperan dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Selain memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas). Polisi juga siap sedia dalam melayani masyarakat, apapun masalahnya. Seperti melakukan giat monitoring dan pengamanan pembagian pantuan sandang, pangan dan obat-obatan di Nagari Padukuan oleh Brigadir Rahmad Afrialdi selaku Bhabinkamtibmas”, pungkas Kapolsek.(henna andri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama