Kesbangpol Kabupaten Solok Ajak Ormas Peran Dalam Sukseskan Pemilu 2024

Arosuka, integritasmedia.com - ORGANISASI masyarakat (Ormas) berperan penting dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan umum di Kabupaten Solok. Ormas sebagai organisasi berbasis masyarakat menjadi salah satu sarana dalam mendorong partisipasi dan pendidikan politik.


Hal itu diungkapkan asisten I Pemkab Solok, Syahrial saat rakor kepemiluan bersama ormas Kabupaten Solok, Rabu (7/6/23). Juga ikut hadir Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Solok, Agus Rostamda, Ketua KPU Kabupaten Solok, Ir. Gadis, Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afri Memori. 


Syahrial menegaskan, sukses atau tidaknya seluruh tahapan pemilu tidak hanya bergantung pada penyelenggara dan peserta serta masyarakat, akan tetapi juga perlu dukungan dan dorongan dari ormas.


Dengan terbangunnya kolaborasi serta kerjasama antara pemerintah daerah, penyelenggara, masyarakat dan ormas, maka pemilu akan berjalan sesuai aturan. Harapannya, dengan pemilu berkualitas bisa melahirkan pemimpin yang berintegritas.


Dalam rakor yang digagas Kesbangpol Kabupaten Solok itu dihadiri puluhan pimpinan ormas. Selain itu juga melibatkan langsung Komisi Pemilihan Umum serta Badan Pengawas Pemilu selaku penyelenggara pesta demokrasi.


Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Solok, Agus Rostamda menyebutkan, seiring dengan berjalan tahapan pemilu, perlu adanya kesamaan persepsi dalam menyukseskan pesta demokrasi. Seluruh masyarakat harus dan organisasi masyarakat harus terlibat aktif.


“Kita semua bertanggungjawab untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak 2024 mendatang. Bersama-sama pula mengawal setiap tahapannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” bebernya.


Ketua KPU Kabupaten Solok, Ir. Gadis menyebutkan, Ormas mesti ikut berperan aktif dalam pelaksanaan dan pengawasan pemilu agar berjalan sesuai prosedur, demokratis, luber dan jurdil serta menjaga kondusifitas setiap pelaksanaan tahapan pemilu. “Pemilu tidak akan terlaksana dengan baik tanpa partisipasi kita semua,” ungkap Gadis.


Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afri Memori menekankan, ormas dan semua elemen harus bersama-sama mengawasi pemilu dalam menegakkan keadilan. “Bersama rakyat awasi pemilu. Bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” bebernya.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama