BWS Sumatera V Padang Apresiasi Kegiatan KMPS Batang Lawas Sirukam

Kepala BWS Sumatera V M Dian Al Maruf di Festival Batang Lawas Sirukam.

Solok, integritasmedia.com - SIRUKAM adalah sebuah nagari yang terletak di Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, terletak pada titik koordinat LU/ LS 0.5325,781, BB/ BT 1.004.522,42. Nagari Sirukam terletak pada ketinggian 600-1400 Dari Permukaan Laut (DPL) dengan keadaan tanah berbukit namun menyajikan panorama alam yang sangat indah sebagai salah satu potensi pariwisata di Kabupaten Solok.


Dan di pagi 1 Muharram 1445 H atau tepatnya 19 Juli 2023 kemarin, ditengah hawah dingin yang sejuk sayup-sayup terdengar pekik bergema "Kita jaga alam, alam jaga kita" dari arah sebuah sungai yang ada nagari itu.


Rupanya dilokasi tersebut sedang diadakan sebuah kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS Batang Lawas Sirukam), yaitu berupa Festival Batang Lawas Sirukam.


Festival tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, dianyaranya kegiatan Tanam Pohon (rencana akan ditanam seribu pohon, yang terdiri dari Durian, Alpukat, Jambe, dan lain-lain), tebar bibit ikan, dan tentunya bersih bersih sungai serta kegiatan "malamang" yang merupakan bukti dukungan dari para "Bundo Kanduang" di kenagarian tersebut.


Festival Batang Lawas Sirukam itu dibuka oleh Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang Mochammad Dian Al Maruf.


Dalam sambutannya Dian menyampaikan, "Kegiatan serupa ini jangan berhenti sampai disini saja, jika hasil dari kegiatan hari ini dirawat dan di pelihara dengan baik maka akan bisa menjadi peninggalan yang yang bermanfaat untuk kita dan generasi-generasi setelah kita".


Dian juga menyampaikan bahwa pihak BWS Sumatera V Padang yakin hal ini bisa dilaksanakan dengan baik oleh pihak penyelenggara yaitu KMPS Batang Lawas Sirukam adalah salah satu KPS di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki potensi serta keinginan yang besar untuk selalu menkaga dan melestarikan lingkungan terutapa kawasan sungainya.


Apalagi semua kegiatan dari KPS ini endapatkan dukunggan penuh dari seluruh lapisan masyarakat di Nagari Sirukam untuk menjaga sumber daya alam di lingkungannya. 


Melihat itu semua, sehingga BWS Sumatera V Padang atas nama Kementerian PUPR tidak segan-sehan memberikan dukungan untuk memfasilitasi dalam mendapatkan legalitas ke notaris, bahkan menyertakan dalam kegiatan study banding ke KPS di Batang Agam Payakumbuh yang telah lebih dulu dipandang berhasil dalam pengelolaan, dan melakukan pendampingan persiapan penyelenggaraan festival tersebut, pungkas Dian.(henni andri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama