Festival Seni Budaya Minang Kabau Gonjong Limo Kota Pekanbaru, Tampilkan Kolaborasi Musik Tradisi dan Kreasi Serta Sampelong


PEKANBARU, Integritasmedia.com- - Festival Seni Budaya Minang Kabau Gonjong Limo Kota Pekanbaru dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 Tahun 2023 digelar di Pekanbaru Xchange, Rabu, (23/8/2023).

Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST MSi, Bupati 50 Kota H Safaruddin, Dt. Bandaro Rajo, dan Plt Asisten I Hidayatul Rusda sebagai perwakilan dari Pj Wali Kota Payakumbuh H Rida Ananda.

Festival ini menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya Minang Kabau, seperti tari-tarian tradisional, musik, dan pameran seni. Selain itu, juga ada berbagai kuliner khas Minang Kabau yang bisa dinikmati pengunjung.

Dalam sambutannya, Bupati 50 Kota Safaruddin,  menyampaikan bahwa festival ini merupakan upaya untuk mewujudkan budaya Minang Kabau dan memperkenalkannya kepada masyarakat Kota Pekanbaru. Ia juga berharap festival ini dapat menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antara masyarakat Minang Kabau dan masyarakat Kota Pekanbaru.




Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi ST MSi juga menyampaikan dukungannya terhadap festival ini dan berharap festival ini dapat menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata Kota Pekanbaru. Agar nantinya semakin banyak orang yang datang ke Kota Pekanbaru.

Festival Seni dan Budaya Minang Kabau Gonjong Limo Kota Pekanbaru akan berlangsung selama lima hari, mulai dari tanggal 23 hingga 27 Agustus 2023. Acara ini terbuka untuk umum dan diharapkan dapat dihadiri oleh masyarakat Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Selain itu, pada acara pembukaan festival ini, Ketua Gonjong Limo Provinsi Riau, Zahirman Zabir, SH., MH juga menyampaikan MOU yang menandakan kerjasama antara Gonjong Limo dengan pihak-pihak terkait dalam upaya melestarikan budaya Minang Kabau.

"Kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak, diantaranya yaitu Bank Nagari dan Rumah Sakit Madani." ungkap Zahirman.


Selanjutnya secara terpisah media juga mengkonfirmasikan kegiatan  Festival Seni Budaya Minang Kabau Gonjong Limo Kota Pekanbaru tersebut kepada Ksbid Kebudayan Kabupaten Limapuluhkota M.Yusuf Lubis, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan festival ini Kabupaten Limapuluhkota juga menampilkan seni  berupa kolaborasi musik tradisi dan Kreasi dan Sampelong, yg sengaja timnya di bawa dr Lima puluh kota

Disampaikan juga oleh M Yusuf Lubis bahwa dalam.kegiatan festival tersebut juga sempat di bahas dalam diskusi tersebut rencana mendirikan asrama mahasiswa-i untuk para mahasiswa luak Limopuluah di Pekanbaru tersebut, ujarnya. ( Antoncino)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama