Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Laksanakan Kegiatann Pelatihan Adat


Limapuluhkota Integritasmedia.com-Dalam rangka peningkatan kualitas SDM  ninik mamak dan bundo kanduang di kabupaten Limapuluhkota yang merupakan luak bungsu, maka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan pelatihan adat yang dilaksanakan hari Kamis dan Jumat (7 & 8 /9/ 2023 ) di Sago bungsu 2


Kadis Pendidikan dan.Kebudayaan diwakili Kabid Kebudayaan M.Yusuf Lubis, S.Pd mengatakan pelatihan adat merupakan suatu kegiatan adat budaya yang dilaksanakan untuk seluruh nagari yang ada di Kabupaten limapuluhkota  Dengan tujuan akhir bisa meningkatkan kualitas SDM disegi kebudayaan, serta untuk pelestarian adat dan budaya di Luak Nan Bungsu ini.


Yusuf Lubis menyebut bahwa pelatihan adat tersebut  diikuti oleh peserta 118 org terdiri dr, 63 Ninik mamak, 49 Bundo kandung, 3 dari LKAAM kabupaten Lima puluh kota dan 3 dari bundo kandung Lima Puluh Kota.

Lebih lanjut disampaikannya kegiatan ini melalui pokir anggota DPRD Kabupaten Limapuluhkota Hendri SAg, ujar Yusuf Lubis.



Ketua DPRD Kabupaten Limapuluhkota Deni Asra  S. Sos Dt. Rajo Simarajo dalam sambutannya   berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan serius. Supaya apa yang disampaikan oleh narasumber dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


“Harapan kita tentu sehabis ini apa yang didapat disini bisa juga diteruskan kepada anak kemenakan kita, untuk terus menjalankan norma-norma adat dalam kesehariaannya.Dan untuk generasi muda khususnya, harus bisa melestarikan dan menjaga adat budaya kita agar tetap bertahan dan selalu terjaga kemurniaanya,” katanya.


Dan ilmu yang disampaiakan narasumber bisa lebih tersampaikan kepada masing-masing peserta,” harapnya.


“Kami di DPRD juga sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.Dengan kegiatan ini tentu kearifan lokal kita bisa terus dilestarikan sampai masa yang akan datang,” katanya.



Lebih lanjut disampaikan oleh Ketua DPRD “ sangat mensuport sekali kegiatan ini. Sebab dengan ini para generasi muda kita nantinya bisa terus menjaga budaya lokal. Jangan sampai terkontaminasi oleh budaya luar. Makanya kita berterimakasih sekali kepada Pemkab. Limapuluhkota,” katanya.



Semoga dengan  kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas diri dalam  memahami dan menerapkan nilai-nilai adat nan basandi sarak Sarak nan basandi kitabullah dlm lingkungan anak dan kemanakan kita, ujar Deni Asra, Dt.Rajo Simarajo. ( Antoncino, Dt.Djolelo )




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama