Perkokoh Kemitraan, Anggota DPRD Sumbar Irzal Ilyas Silaturahmi dengan Awak Media Solok

Solok, integritasmedia.com - PERKOKOH kemitraan, H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat,  bersilaturahmi dengan sejumlah kalangan jurnalis yang bertugas di Kota dan Kabupaten Solok, Senin (25/9/23) malam. Silaturahmi santai itu seakan merajut kenangan lama.


Memang, Irzal Ilyas bukan sosok asing bagi masyarakat, apalagi wartawan. Nama mantan pelaut itu tak pernah pudar. Di masanya menjadi wali kota, sekolah gratis, kesehatan gratis hingga bus Pemda yang dipinjamkan cuma-cuma.


"Alhamdulillah, bisa kembali bersilaturahmi dengan wartawan. Ini niat lama yang baru kini terwujud," ungkap anggota komisi I DPRD Sumatra Barat itu membuka perbincangan di poskonya di kawasan Lukah Pandan.


Bagi Irzal Ilyas, kiprahnya hingga kini tidak bisa dilepaskan dari andil kalangan media. Kalangan jurnalis sudah seperti teman yang tak terpisahkan. Sejak dirinya berkarir sebagai wakil wali kota, kemudian wali kota dan kini sebagai anggota DPRD Sumbar.


Menurut Irzal Ilyas, peran media sangat sentral dalam era demokrasi. Selain fungsi kontrol sosial, media juga menjadi jembatan antara pengambil kebijakan dan masyarakat. Karena memang, tak mungkin seluruh lapisan bisa tersentuh langsung.


"Masyarakat kan perlu tahu juga, apa yang dilakukan oleh wakil mereka di legislatif, ataupun kepada daerah. Apakah mereka betul-betul memperjuangkan masyarakat, berbuat untuk masyarakat, di sinilah peran besar media," papar Irzal Ilyas.


Semenjak dipercaya masyarakat sebagai wakil di DPRD Sumbar, Irzal terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Dalam satu tahun, sedikitnya Rp7,5 miliar digelontorkan langsung melalui program pokok pikiran.


"Jadi di dewan, kami turun langsung ke masyarakat, menjemput aspirasi. Apa yang dibutukan masyarakat. Dari dasar itu, kami carikan solusi dengan menganggarkan melalui APBD Provinsi," tuturnya.


Ia mengakui, dengan pokir sebesar Rp7,5 miliar itu belum mampu menyentuh semua kalangan dan wilayah di Solok Raya. Namun setidaknya, diprioritaskan terhadap pembangunan yang betul-betul mendesak bagi masyarakat.


"Kami memang agak fokus dengan pemenuhan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. Mulai dari jalan lingkungan, fasilitas pendidikan dan lainnya. Pembangunan itu dirasakan langsung manfaatnya secara nyata oleh masyarakat," beber Irzal Ilyas.


Tahun ini, Irzal Ilyas juga menggelontorkan anggaran Rp1,3 miliar untuk lanjutan pembangunan jembatan di Nagari Selayo. Jembatan itu merupakan urat nadi transportasi bagi masyarakat yang sebelumnya sudah diawali pembangunannya oleh almarhum Israr Jalinus.


"InsyaAllah kita akan terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat Solok Raya. Itu merupakan komitmen yang sedari awal kami pegang teguh, dari masyarakat untuk masyarakat," tutup Irzal yang kembali maju di DPRD Sumbar di Pileg 2024.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama