Bawaslu Kabupaten Tanah Datar Laksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahap Pencalonan Presiden,  Wakil Presiden, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota Serta DPD RI. 

Batusangkar,IntegritasMedia.com

Dalam rangka menyamakan persepsi terhadap proses pencalonan Presiden,Wakil Presiden, DPRD provinsi,  DPRD Kabupaten/ Kota  dan DPD, bawaslu Kabupaten Tanah Datar melaksanakan rapat koordinasi kepada jajaran Panwaslu kecamatan se-kabupaten Tanah Datar, kegiatan yang di laksanakan di Hotel Emersia dan Resort Batusangkar, pada hari, Kamis, 02 November 2023,.


Rapat Koordinasi  Pencalonan Presiden, Wakil Presiden, DPR, provinsi, DPRD kabupaten/ Kota dan DPD RI ini dihadiri oleh Kepala Kesbangpol, Kapolres  Tanah Datar dan Padang Panjang yang diwakili, Panwas Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar, Organisasi Pers KWRI dan PWI Tanah Datar.


Sekretaris Bawaslu Tanah Datar, Harmen Yoni dalam laporannya mengatakan, " tujuan diadakannya rapat koordinasi ini adalah untuk mendapatkan masukan tentang kesiapan pemilihan umum Presiden, Legislatif, dan Pilkada serentak Tahun 2024 baik dari segi aspek penyelenggaraan, hukum, dan keamanan. 


Selain itu untuk mengumpulkan persepsi dan langkah-langkah dalam mengantisipasi kerawanan pelaksanaan pemilu tahun 2024. Tujuan terakhir adalah untuk menjamin terwujudnya stabilitas politik, hukum dan keamanan selama tahapan pemilu dan pilkada 2024". Sampainya


Sementara itu Koordiv penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa, Al-Azhar. SH.I. M.H mengatakan, " kita dalam kegiatan ini bisa melakukan tugas dengan baik, karena kami yakin ini bisa menjadi infek bagi kita bersama, dengan banyaknya pengetahuan baru untuk menambah kemampuan kita sehingga kita bisa menjadi pengawas yang profesional". Ujarnya. 


Berkaitan dengan informasi-informasi yang ada dinagari  rekan-rekan bisa menyampaikan kepada kami, sehingga informasi yang didapat tersebut  bisa mengevaluasi kembali pekerjaan-pekerjaan kita nantiknya. Semoga kegiatan ini bisa menjadi bahan juga bagi KPU sebagai penyelenggara pemilu" Kata Al-Azhar.


Kita semua telah tahu proses pencalonan ini. KPU yang merupakan pengampu kegiatan pemilu, kemaren ini kami telah melakukakan sosialisasi, maka hari ini kami bisa mendapatkan masukan dari kawan Panwas Kecamatan dan dari rekan-rekan pers". Tutupnya


Harmen Rizal, S.H.I selaku PLH Bawaslu Tanah Datar, dalam sambutannya menyampaikan, "kegiatan yang dimaksut selain sebagai penguatan jajaran panwaslu di tingkat kecamatan, dan juga kegiaran ini bisa menjadi pedoman bagi kita bersama untuk melakukan penindakan dan pencegahan  pelanggaran dalam pemilihan persiden, wakil persiden, DPR RI DPR provinsi, DPR kabupaten/ Kota dan DPD". sampainya.


Disamping itu Ketua Bawaslu Tanah Datar Andre Azki, dalam sambutannya," mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan pers terutama dari organisasi KWRI dan PWI yang telah menyempatkan hadir dalam kegiatan ini.


Karena pers merupakan salah satu bentuk presentif dalam pencegahan di bawaslu, media yang selalu mempublikasikan kegiatan-kegiatan bawaslu, sehingga publik atau masyarakat bisa mengakses dan mengetahui apa-apa yang kita lakukan dalam pencegahan dan pengawasan pemilu di Kabupaten Tanah Datar". Pungkasnya


Selanjutnya Andre Azki juga mengapresiasi kepada panwas kecamatan yang selama ini telah bekerja semaksimal mungkin dalam melakukan pengawasan dan pencegahan disetiap kecamatan.


"Ia juga mengingatkan dan menghimbau seluruh jajaran panwas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat  untuk ikut mengawasi bersama-sama pemilu tahun 2024 nantiknya.


Karena pemilu tahun 2024 ini berbeda dengan pemilu sebelumnya, disebabkan pemilu tahun 2024 ini tahapannya disandingkan dengan pilkada serentak, ini baru terjadi kali ini disepanjang pemilu", Tutupnya.


Selanjutnya Andre Azki langsung membuka secara resmi " Rapat Koordinasi Tahap Pengawasan Calon Presiden,Wakil Presiden, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kotas dan DPD RI.


Pewarta : Bonar Surya

















Post a Comment

Lebih baru Lebih lama