Deswandi Bajadi : Selain Tempat Ibadah, Makmurkanlah Masjid Sebagai Tempat Interaksi Sosial

Deswandi Bajadi, SE.(foto-dok ist) 

Padang, integritasmedia.com - KEBERADAAN masjid dan mushalah di Minangkabau tidak hanya sebagai tempat ibadah bagi masyarakat, namun juga menyentuh kepada ranah sosial kemasyarakatan lainnya.


Demikian disampaikan Ketua Garda Nasdem Kota Padang Deswandi Bajadi, SE kepada integritasmedia disela-sela kegiatannya saat mengunjungi pembangunan tempat ibadah di Rimbo Tarok, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Senin (4/12/23).


Dilanjutkannya, untuk itu, orang Minangkabau di masa lalu menjadikan masjid atau surau tidak hanya digunakan untuk shalat dan belajar mengaji saja, tetapi juga difunhsikan sebagai tempat belajar ilmu beladiri silat bagi anak-anak muda. Bahkan dari sana banyak lahir generasi muda Minang yang sukses sebagai pemimin bangsa.


Bahkan, masjid juha befungsi sebagai lembaga sosial. Karena masjid merupakan dapat digunakan dan dimanfaatkan melalui kegiatan sosial masyarakat dan dipadukan dengan syiar agama Islam mengajarkan kepada yang ma'ruf dan mencegah pada yang mungkar, sehingga dengan adanya masjid jama'ah dapat terbantu dalam memberikan solusi masalah sosial yang ada di tengah masyarakat. 


"Tempat ibadah, bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam. Kemudian, juga dapat digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, bahkan di masjid juga dapat menjadi pusat pemberdayaan masyarakat", ungkapnya lagi. 


Jadi,  wibawa dan kekuatan umat Islam bisa dilihat dari bagaimana kondisi masjidnya, yaitu bagaimana mereka memakmurkan tempat ibadah tersebut, dan menjadikannya sebagai basis kekuatan umat, akhir Deswandi Bajadi mengingatkan.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama