Festival Pesona Minang Kabau Akan Dihadiri 50 Negara.

 


Batusangkar,IntegritasMedia.com

Festival Pesona Minang Kabau adalah event wisata budaya Minang Kabau terbesar di Sumatera Barat, yang menggelar berbagai keunikan dan pesona budaya Kabupaten Tanah Datar.


Disamping itu, Festival Pesona Minang Kabau telah ditetapkan Kemetrian Pariwisata Republik Indonesia sebagai " Wonder Kharisma Event Nusantara ", di Indonesia sejak tahun 2017.


Hal ini disampaikan Kadis Disparpora Tanah Datar, Riswandi S.pd.M.pd Dtk Monti Boso di aula Disparpora, pada hari kamis, 07 Desember 2023.


Adapun kegiatan Festival Pesona Minang Kabau akan dimulai pada tanggal 07- 10 Desember 2023, kegiatan ini ada di tiga titik yaitunya, di halaman Istano Basa Pagaruyung, lapangan Cindua Mato dan Dinagari Kumango Kecamatan  Sungai Tarab.


Ia juga menyampaikan, " Festival Minang Kabau (FPM) ini merupakan puncak dari  prlaksanaan satu nagari satu event 2023, dengan menampilkan kembali pesona budaya terbaik, terunik dan spesifik dari nagari yang telah melaksanakan satu nagari satu event.


Festival Pesona Budaya Minang Kabau 2023 ini akan dihadiri sekitar 200 orang dari  Diaspora 50 Negara seperti, Australia, Singapura, Malaysia, Thailand".Ujarnya


Ditambahkan Riswandi, kegiatan yang akan dilaksanakan dilapangan cindua mato yaitunya Gelanggang Silih Berganti, (GSB), dan Festival Rebana, di Istano Basa Pagaryung Pawai Budaya Autentic Minang Kabau, makan bajamba, pagelaran seni minang kabau, pagaruyung fashion show, pameran desa wisata, pameran benda-benda pusaka, sedangkan pacu jawi diakan dinagari Padang Laweh, Baluluak Bajarami dilaksanakan dinagari Kumango, 


"Untuk kegiatan seni lainnya akan diisi juga kesenian dari jawa tengah dan kesenian dari jambi". Tutup Riswandi


Pewarta : Bonar Surya




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama