Irwan Basir : Seni Dapat Meredam "Tensi Politik" yang Terus Meninggi

Irwan Basir,  Evi Yandri Rajo Budiman, dan Mastilizal Aye.(foto-ha) 


Padang, integritasmedia.com - IRWAN Basir Dt. Rajo Alam,  SH, MM, mengatakan, seni dapat menjadi sarana untuk mempersatukan bangsa dan negara bahkan dunia.


Hal tersebut diungkapkan oleh tokoh masyarakat Kota Padang tersebut saat menyampaikan sambutannya pada malam puncak peraraan HUT Media Investigasi ke 16 tahun.


Bertajuk lomba lagu minang, acara yang diadakan di halaman SMA Muhammadiyah Ketaping, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Selasa (5/12/23) tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPD RI Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH, Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, Anggota DPRD Kota Padang Mastilizal Aye, SH.


Lebih lanjut Irwan Basir menegaskan, "Bagi saya pribadi seni itu tidak hanya  membentuk keberagaman, tapi seni itu adalah menyusun "batu bata" peradaban".


Seni itu, menyusun sendi-sendi kehidupan, dan seni juga membedakan manusia dengan mahkluk lainnya, tambah Ketua DPD LPM kota Padang itu. 


Bahkan seni itu dapat melembutkan jiwa. Maka sangatlah tepat momen penyelengaraan lomba lagu minang yang diadakan oleh Media Investigasi ini disaat "tensi" politik terus meninggi dalam menyonsong Pemilu 2024 mendatang. 


Khusus untuk masyarakat Ketaping,  Kelurahan Pasar Ambacang, jadikanlah ajang pentas seni lomba lagu minang ini sebagai wadah silaturahmi dalam memperat persaudaraan antara warga sakampuang, tetangga sabalah-manyubalah, pinta Datuak IB sapaan akrab Irwan Basir. 


"Jangan karena pilihan berbeda, kita sekampung, sesuku, dan mamak jo kamakan menjadi terpecah, tidak saling bertegur sapa. Jadi, haluskanlah kehidupan ini dengan sini", pungkanya mengingatkan.(henni andri) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama