Silaturahmi Tidak Berbatas, Saling Kunjung dan Sapa Adalah Keseharian Deswandi Bajadi

Deswandi Bajadi (foto-dok) 


Padang, integritasmedia.com - BAGI Deswandi Bajadi silaturahmi itu tidak berbatas. Begitu luasnya dia memandang silaturahmi tersebut, maka kebiasaan saling kunjung dan saling sapa selalu dikedepankannya dalam kesehariannya. 


Seperti pada Jum'at (8/12/23) malam, Ketua Garda NasDem Kota Padang itu berkesempatan menghadiri kegiatan selaturahmi bersama warga masyarakat di Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. 


Dan, untuk memeriahkan kegiatan tersebut panitia telah mengisinya dengan penampilan kesenian tradisional Solawat Dulang. 


Diketahui, Solawat Dulang atau Salawaik Dulang merupakan salah satu dari tradisi dan kesenian lisan tradisional yang berasal dari Minangkabau yang bernuansa Islam. Solawat Dulang merupakan satu dari banyak kesenian Islam yang berasal dari Sumatera Barat, seperti tradisi rabab dan banyak tradisi keislaman lainnya yang telah melekat dalam keseharian masyarakat, sampai Deswandi Bajadi dalam sambutannya dalam kesempatan tersebut. 


Diyakininya, dengan memperbanyak penampilan dan pertunjukan kesenian tradisional seperti ini akan dapat melestarikannya. "Bahkan dengan ikut meramaikan kegiatan seperti ini, kita telah ikut berperan melestarikan nilai-nilai luhur dan kearifan lokal yang terkandung di dalamnya. Pelestarian warisan budaya ini juga berkontribusi pada promosi pariwisata dan menjadi daya tarik wisata budaya bagi wisatawan yang akan berujung pada peningkatan taraf perekonomian masyarakat", ungkapnya. 


Selain itu, katanya lagi, dengan memperbanyak pertunjukan kesenian seperti ini juga akan menumbuhkan kesukaan dan kecintaan generasi muda pada seni tradisional, terutama Solawat Dulang ini.


"Dengan aktifnya generasi muda berkesenian, diharapkan akan dapat menjauhkan mereka dari kenakalan dan pergaulan yang salah, bahkan penyalah gunaan narkoba. Disamping untuk menjaga dan melestarikan kesenian tradisional kita ini", pungkas Caleg untuk DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Partai Nasdem itu.(henni andri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama