Dongkrak Pembangunan Daerah, Pemko Solok Optimalkan Sumber Daya Lokal

Kota Solok, integritasmedia.com - WAKIL Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra meningkatkan seluruh kepala OPD dalam mendongkrak pembangunan di Kota Beras Serambi Madinah. Salah satunya melalui pengembangan perekonomian daerah, membangun sektor-sektor unggul, serta mengoptimalkan sumber daya lokal.


"Untuk itu diperlukan pemikiran dan pemahaman yang positif dalam membangun konsep dan strategi pembangunan secara lebih terarah, terpadu, serta bersinergi antar sektor," kata Ramadhani Kirana Putra, Kamis (11/1/24).


Setiap OPD harus merumuskan permasalahan-permasalahan pembangunan, sekaligus alternatif- alternatif pemecahan masalah berupa program atau kegiatan yang mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan mendesak di tahun 2024.


“Kita harapkan program atau kegiatan tersebut dapat mengurangi kemiskinan, stunting, membuka kesempatan kerja, meningkatkan perekonomian masyarakat, pembangunan sumber daya manusia dengan mengedepankan pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Solok,” ujarnya.


Pemerintah Kota Solok optimis bahwa tahun ini merupakan tahun yang akan mem berikan kontribusi positif baik dari segi pembangunan ataupun perekonomian.


Dalam upaya pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kota Solok yaitu, terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa yang moderen, tema RKPD Kota Solok Tahun 2024 ini adalah Pemantapan Kualitas Pelayanan Dasar, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan, dan Peningkatan Infrastruktur Kota.


Sejalan dengan sasaran pokok RPJPD dan isu strategis dalam RPJMD, prioritas pembangunan Kota Solok tahun 2024 yakni mengoptimalisasi peran dan fungsi rumah ibadah untuk pemberdayaan umat beragama serta merevitalisasi dan penataan kawasan pasar.


Selanjutnya, meningkatkan daya saing produk usaha mikro, mengembangkan usaha ekonomi kreatif, meningkatkan pemerataan pendidikan dan pelayanan kesehatan serta pelayanan dasar lainnya, menata ruang kota dan peningkatan infrastruktur pelayanan dasar berwawasan lingkungan, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan efisiensi kerja birokrasi.


 “Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kota Solok untuk harus berinovasi dan menyusun skala prioritas dalam upaya meningkatkan kinerja pembangunan di Kota Solok yang kita cintai ini,” katanya.(tomi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama