Fungsikan Rumah Pusako Menjadi Pustaka, Irwan Basir Apresiasi Kaum Datuak Rajo Ibrahim

Irwan Basir Dt. Rajo Alam SH. MM. (foto-dp)

Padang, integritasmedia.com - "JIKA masyarakat ingin tahu tentang sejarah Kota Padang dari masa ke masa, bisa mendapatkan informasinya di Rumah Gadang Datuak Ibrahim ini", ungkap Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM, mengawali sambutannya pada peresmian Perpustakaan Rumah Gadang Datuak Ibrahim. di Jalan M. Hatta No.14, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Jum'at (19/1/23).


Rumah gadang ini adalah rumah kebesaran Datuak Rajo Ibrahim (Penghulu dari suku Koto), yang sampai saat ini masih terawat dengan baik dan dikelola secara mandiri oleh pihak keluarga dari suku Koto Nan Batujua Tigo Buah Paruik Nagari Pauh IX Padang telah menjadi salah satu saksi bersejarah perjalanan migrasi masyarakat masa lampau ke Kota Padang. Sekarang telah masuk dalam Objek Diduga Cagar Budaya.


Dengan kondisi tersebut, maka sudah sangat tepat untuk menjadikan Rumah Gadang Datuak Ibrahim ini sebagai pustaka sejarah sebagai Cagar Budaya, tambahnya lagi.


Dilanjutkan Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji itu, "Kita sebagai ninik mamak sangat mendukung dan mengucapkan terimakasih kepada Datuak Rajo Ibrahim beserta kaumnya yang telah bersedia memanfaatkan pusakonya untuk kepentingan masyarakat banyak".

Deswandi Bajadi, Irwan Basir, dan salah seorang tokoh masyarakat. (foto-dp)

Ditegaskan Irwan Basir, karena saat ini yang harus diwariskan kepada kemenakan bukan hanya harta. Tetapi Sumber Daya Manusia yang mempunyai daya saing. Dan itu sudah dilakukan oleh Datuak Rajo Ibrahim, dengan memanfaatkan rumah gadang kaumnya untuk difungsikan sebagai perpustakaan.


Berangkat dari keinginan ini, diharapkan akan dapat mewujudkan masyarakat yang gemar membaca dan berwawasan luas. Sebab, berbagai manfaat dari membaca buku menanti untuk didapatkan. Dan, dampaknya tak hanya pada diri sendiri, melainkan juga untuk orang sekitar, bahkan bagi kemajuan bangsa.


"Membaca dan menulis adalah kegiatan dengan target dan tujuan tertentu agar kita tidak selalu dituntun, melainkan harus meningkatkan kapasitas diri hingga mampu menjadi pemandu atau penuntun kedepanya", pungkas Datuk IB sapaan Irwan Basir.


Peresmian Perpustakaan Rumah Gadang Datuak Rajo Ibrahim oleh Staf Ahli Walikota Padang Syahrial Kamat, mewakili Walikota Hendri Septa, dan turut dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang dr. Ferimulyani Hamid, M.Biomed, Camat Kuranji, Lurah Pasar Ambacang, Deswandi Bajadi, SE salah tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.(henni andri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama