Gandeng PT Taspen, Pemko Solok Dorong Pegawai Tetap Produktif di Masa Pensiun

Kota Solok, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Solok Gandeng PT Taspen dalan mendorong pegawai tetap produktif di masa pensiun. Melalui Dinas BKPSDM Kota Solok bersama PT. Taspen dan Bank Mandiri Taspen KCP Kota Padang memberikan sosialisasi kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan memasuki masa purna bakti, di Aula Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (18/1/24).


Kepala BKPSDM Kota Solok, Bitel mengapresiasi program dari Taspen. Ia mengharapkan, ke depan PT. Taspen serta BKPSDM Kota Solok bisa bekerja sama dengan lebih baik lagi dalam pengelolaan pensiun yang optimal.


"Dengan adanya program ini, peserta dapat mempersiapkan masa pensiun dengan lebih baik, meningkatkan kesejahteraan, dan membuka peluang lapangan kerja baru untuk pemberdayaan masyarakat secara luas,"katanya.


Sementara itu, Branch Manager PT Taspen, Ita Wiana Astuti mengatakan, sebagian besar pekerja formal di Indonesia belum memiliki bayangan tentang bagaimana rencana setelah memasuki masa pensiun. Akibatnya, banyak pensiunan yang tidak produktif di saat purna bakti.


"PT. Taspen dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menyediakan program-program yang mendukung perencanaan setelah memasuki masa pensiun. Harapannya, pensiunan tetap produktif," kata Ita Wiana.


Salah satu program unggulan Taspen yakni Program Wirausaha Pintar. Program tersebut merupakan program extra miles dalam bentuk pelatihan yang diberikan Taspen untuk pesertanya.


Ada beberapa materi yang diberikan pada Program Wirausaha Pintar. Diantaranya motivasi untuk berkarya dan hidup mandiri secara finansial di masa pensiun. Dengan adanya Program Wirausaha Pintar, para ASN yang menjelang pensiun dilatih menjadi entrepreneur dan berwirausaha.


“Pensiunan dapat mandiri secara finansial, serta mengurangi risiko penurunan kesehatan dan mental karena mereka tetap produktif di hari tua,” imbuh Kepala Mandiri Taspen KC Padang.(tomi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama