Pemerintah Kabupaten Solok Raih Peringkat Tertinggi di Sumatera Barat, Kepatuhan Pelayanan Publik 2023 dengan Nilai 95.08

Solok, integritasmedia.com - MEMBANGGAKAN dan prestasi sangat luar biasa. Pemerintah Kabupaten Solok berhasil Raih Peringkat Tertinggi tingkat Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat, Hasil Kepatuhan Pelayanan Publik 2023 dengan Nilai 95.08. Hasil itu mengalahkan 18 Kabupaten/Kota lainnya serta  Provinsi Sumbar.


Atas prestasi itu, Kabupaten Solok mendapatkan piagam penghargaan dari Ombudsman Perwakilan Sumbar. Piagam Penghargaan itu diserahkan langsung Kepala Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani kepada Bupati Solok, H. Epyardi Asda, Senin (8/1/24) di Auditorium Gubernuran Sumbar.


Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar  Yefri Heriani, S.Sos, M.Si menyatakan.  Pemerintah Kabupaten Solok patut berbangga. Atas hasil itu, mengantarkan Pemerintah Kabupaten Sokok meraih penghargaan Peningkatan yang cukup signifikan dengan nilai 95.08. Dimana sebelumnya berada pada angka 88,73," sebut Yefri Heriani.


Yefri Heriani menyatakab, perbaikan sistem Pelayanan Publik dilaksanakan bukan hanya untuk sekedar dinilai,  namun itu sudah menjadi kewajiban dan termasuk dalam core value ASN bahwasanya ASN, itu berorientasi pada pelayanan.


Dia mengatakan, tujuan umum dari penilaian ini adalah peningkatan kualitas semua penyelenggaraan pelayanan publik. Serta pencegahan terhadap mal administrasi melalui pemenuhan standar pelayanan, maklumat layanan, sistem informasi pelayanan publik.


Sarana prasarana dan fasilitas, pelayanan khusus, pengelola pengaduan, penilaian kinerja, visi misi, moto pelayanan, atribut, kompetensi pelaksana dan pelayanan terpadu pada tiap unit pelayanan publik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


Pihaknya sangat bangga tahun 2023 Kabupaten Solok menjadi Kabupaten/Kota dengan nilai tertinggi di Sumatera Barat yakni 95,08. Luar biasa dan peningkatan yang cukup signifikan dimana sebelumnya berada pada angka 88,73,". Semoga hasil ini dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten/Kora yang ada di Sumbar," sebut Yefri Heriani.


Sementara Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, SP, menyampaikan, Pelayanan adalah suatu esensi kehadiran negara dan pemerintah bagi masyarakat. "Oleh karenanya, pelayanan yang baik menjadi tanggung jawab bersama kepala daerah dan jajarannya," ujar Gubnur.


Mahyeldi berharap, semoga pada tahun 2024 ini kita dapat meningkatkan lagi kualitas pelayanan bagi warga Sumatera Barat. Jangan berpuas diri dengan kondisi yang ada sebab kita masih berusaha meningkatkan pelayanan,  termasuk dalam memaksimalkan digitalisasi. "Saya berharap, Kabupaten/Kota dan Provinsi terus bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan semua pelayanan," pitanya.


Bupati Solok Epyardi Asda dalam acara itu sangat bangga dan mengucapkan apresiasi pada seluru Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Solok tanpa terkecuali atas nilai yang diraih. Selaku Kepala Daerah dari Kabupaten/Kota yang mendapat Predikat terbaik se-Sumatera Barat. 


Bupati Solok memaparkan, hari ini merupakan hari berbahagia bagi Kabupaten Solok. Dimana kita mendapatkan penghargaan dengan nilai tertinggi standar pelayanan publik.  Yang diberikan Pemerintah Daerah kepada masyarakat Kabupaten Solok.


Tentunya kata Epyardi Asda, Ini bukan kinerja saya sendiri, namun ini kinerja dari seluruh Solok Super Team dan semua OPD. Sehingga kita telah berhasil meningkatkan standar pelayanan publik di Kabupaten Solok dimana pada tahun 2020 kita berada di posisi terendah dan termasuk kedalam zona merah pelayanan publik. Dan tahun 2023 Pemkab Solok meraih predikat tertinggi tingkat Kabupaten/Kota se- Sunatra Barat," sebut Bupati Solok.


Dikatakan dia, ini senua menandakan bahwa Solok Super Team hadir untuk rakyat Mambangkik Batang Tarandam. "Ingin menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat," sebutnya lagi.


Terimakasih atas dukungan dan bimbingan dari Ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,  serta seluruh pihak yang terkait. Sehingga kita dapat terus meningkatkan Pelayanan Publik di Kabupaten Solok.


Hadir dalam acara itu, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, SP,  Forkopimda Prov. Sumatera Barat. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Yefri Heriani, S.Sos, M.Si. Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar, Bupati/Walikota se-Sumatera Barat.  Bawaslu Sumatera Barat, KPU Sumatera Barat. OPD Provinsi Sumatera Barat, dan  OPD Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.


Juga tampak hadir mendampingi Bupati Solok, Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri, SKM, M.Kes. Kepala Disdukcapil Riki Carnova, S.STP, M.Si, Kepala DPMPTSP Naker  Aliber Mulyadi, dan Kepala Bagian Organisasi Rezka Azmi Putri.(tmyr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama