Pemko Solok Bakal Dukung Segala Pelaku UMKM Guna Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kota Solok, integritasmedia.com - GUNA meningkatkan kesejahtraan warga di jajaran Pemko Solok. Pemkot Solok Bakal Dukung Segala Pelaku UMKM Guna  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat yang maksimal.


Walikota Solok Zul Elfian Umar, menyebut UMKM memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi daerah, maka itu setiap pelaku usaha UMKM perlu meningkatkan kualitas produknya. Apalagi Kota Solok berada dalam jalur strategis.


Hal itu diungkapkan Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat audiensi dengan Ketua DPD Asosiasi Industri UMKM Indonesia (AKUMANDIRI) Kota Solok Yurnalis beserta rombongan di Ruang Kerja Wako, Selasa (30/1/24). Turut hadir Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok Zulferi, Kabag Perekonomian dan SDA Kota Solok, Refendi.


Zul Elfian Umar menyambut baik adanya wadah yang bertujuan untuk memajukan UMKM Kota Solok. Semoga Asosiasi ini bisa sebagai wadah saling berbagi informasi, saling membesarkan bersama UMKM Kota Solok.


"Jika ada asosiasi, maka semakin mudah bagi kita untuk saling berkoordinasi, baik sesama pelaku UMKM maupun antara pelaku dengan pemerintah, sehingga bisa mempermudah segala urusan, dan tentunya meminimalisir masalah," sebutnya.


Selanjutnya, kata Zul Elfian Umar, salah satu yang harus dihindari oleh pelaku UMKM adalah pinjaman dengan bunga tinggi, yang tentu akan menjerat para pelaku UMKM Kota Solok, yang lambat lain itu hanya akan mematikan usaha.


"Ada banyak hal yang bisa kita kerjasamakan kedepannya dengan niat bersama-sama untuk maju. Untuk itu, mari selalu koordinasikan dengan OPD terkait, dan pemerintah akan selalu hadir karena ini merupakan tugas kita. Jangan sampai berhenti disini saja, perlihatkan gerakan yang gesit untuk kemajuan UMKM kita," terangnya.


Ia berharap pelaku usaha di kota Solok berani berinovasi dan konsisten memanfaatkan teknologi, dan untuk dinas terkait, agar memprioritaskan pelatihan-pelatihan tentang digitalisasi kepada UMKM yang ada di Kota Solok. 


"Untuk tahun 2024, Dinas terkait harus memprioritaskan bagaimana UMKM di Kota Solok bisa memiliki SDM yang berdaya saing dalam penggunaan media digital, maka itu perlu pelatihan-pelatihan strategis," pungkasnya.


Sementara itu, Ketua DPD Asosiasi Industri UMKM Indonesia (AKUMANDIRI) Kota Solok Yurnalis mengucapkan terimakasih kepada Wako Solok Zul Elfian Umar atas dukungan yang telah diberikan.


"Dukungan penuh dari Pemerintah Kota Solok tentu sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha yang sedang kami lalui ini, dan ke depannya dukungan penuh dalam bentuk kerjasama-kerjasama tentu sangat kami butuhkan," tutupnya.


Sebelumnya, Kadis Perkop UMKM Kota Solok, Zulferi mengatakan, saat ini kota Solok mengalami pertumbuhan UMKM yang cukup signifikan. Tahun 2023 lalu, jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah yang aktif di kota Solok semakin meningkat, khususnya usaha berbasis Rumah Tangga yang semakin meningkat. 


"Meningkatnya jumlah UMKM di Kota Solok, tak terlepas dari pola pikir kreatif masyarakat untuk tetap mendapatkan pemasukan selama pandemi lalu. Maka itu, usaha berbasis rumah tangga cukup mendominasi, seperti aneka makanan dan pangan olahan," ujar Kadis Perkop UKM Kota Solok, Zulferi. 


Meskipun, hanya berskala produksi kecil, tapi jenis usaha tersebut sangat berarti bagi pelaku usaha, dalam memenuhi kebutuhannya selama pandemi dan ekonomi sedang lesu ini. 


"UMKM kota Solok secara umum terus dikembangkan dalam menghadapi tantangan ekonomi global dan sebagai upaya mensejahterakan masyarakat secara berkelanjutan," tukasnya.(Tomi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama