Wako Zul Elfian Umar Minta OPD Responsif Terhadap Segala Aduan Masyarakat

Kota Solok, integritasmedia.com - WAKO Zul Elfian Umar Minta OPD Responsif Terhadap  Segala Aduan Masyarakat. Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) responsif terhadap aduan masyarakat. Salah satunya melalui aplikasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pemerintah Kota Solok.


“Aduan-aduan dari masyarakat, jangan hanya sekedar pajangan saja. Tanggapi dengan cepat, itulah fungsinya aplikasi LAPOR!. Masukan dari masyarakat sangat penting dalam proses pembangunan,” ujar Wako Solok, Zul Elfian Umar saat apel, Senin (22/1/24).


Menurut Wali Kota Solok, kehadiran aplikasi LAPOR! merupakan bentuk upaya dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Keluhan-keluhan yang diadukan masyarakat harus terakomodir dengan baik dan cepat.


Zul Elfian menegaskan, aduan-aduan yang disampaikan masyarakat baik secara langsung maupun melalui aplikasi menjadi masukan dalam pelaksanaan program. Dengan masukan itu, OPD bisa memetakan berbagai permasalahan di tengah masyarakat.


“Dengan hal tersebut, seharusnya setiap OPD bisa lebih memahami apa kebutuhan masyarakat yang memang harus jadi prioritas. Berdasarkan aduan–aduan, OPD bisa memiliki peta sendiri untuk menyusun program,” bebernya.


Zul Elfian juga menegaskan, kemajuan teknologi harus termanfaatkan secara maksimal dalam aktivitas pemerintahan. Teknologi bisa sangat memudahkan dalam menjalankan program dan kegiatan pembangunan.


Aplikasi LAPOR! merupakan sarana pengaduan online terkait pelayanan publik dan pembangunan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan atas layanan publik dilaksanakan olek Pemerintah Kota Solok.


Dengan pemanfaatan teknologi informasi, akan mendukung terwujudnya Kota Solok sebagai Smart City. Ke depannya berbagai persoalan yang ada dapat diselesaikan guna mewujudkan pelayanan publik yang berdampak pada kondisi yang nyaman.


“Saat ini kita berada pada revolusi 4.0, diminta segala sesuatunya bersentuhan langsung dengan dunia internet. dan segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan teknologi, kita harus memanfaatkan perkembangan teknologi,” tuturnya.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama